Sejarah Asal Usul Tradisi Lisan Nenek Orang Ngadha

Estimated read time 2 min read

Sejarah Asal Usul MENURUT tradisi lisan nenek moyang, masyarakat Ngadha di Flores tengah mengaku berasal dari Dzhava Kerucut. Mengutip Buschan G., Pastor Dr. Hubert Muda SVD, dalam disertasinya Yang Maha Agung Masyarakat Ngadha. Di Flores, Transendensinya Dan Imanensi Universitas Pontificio Gregoriana (1986:13-18) menyebutkan bahwa asal usul orang Ngadha. Merupakan bagian dari kelompok Proto-Melayu, bukan Deutro Melayu.

Mereka merupakan kelompok manusia pertama yang menginjakkan kaki di kepulauan Indonesia, sekitar 4000 tahun yang lalu. Keers, tulis Muda, menyatakan manusia Proto-Melayu hanya ditemukan di Manggarai, sedangkan Bijlmer menolak pendapat tersebut. Dan mengatakan kelompok ini ditemukan di seluruh wilayah Flores.

Pendapat Keers tersebut kemudian didukung oleh hasil penelitian yang dilakukan oleh W. Lehman pada tahun 1927. Dari sudut pandang fisi-antropologi, Keers menyatakan bahwa orang Ngadha mungkin lebih berkerabat dengan tipe manusia Eoropoid. Dibandingkan dengan orang Mongoloid dan Melanesia.

Sejarah Asal Usul Orang Ngadha

Sementara itu, Satavaern mengatakan, jika dilihat dari gerak tubuh dan cara pengucapannya, orang Ngadha rupanya berkerabat dengan orang Semit. Namun, Pastor Paul Arndt SVD yang melakukan kajian cukup serius terhadap masyarakat Ngada meragukan semua pendapat tersebut.

Paul Ardnt juga menyatakan, tulis Muda (1986:18) bahwa ada sejumlah unsur budaya masyarakat Ngadha. Yang mirip dengan yang ada di India Timur Laut. Paul Ardnt mengatakan bahwa suku ‘Magadha’ merupakan salah satu suku Arya yang terkenal di India. Jadi, kata Arndt, kemungkinan besar kata ‘Ngadha’ berasal dari kata ‘Magadha’, karena di Ngadha huruf ‘M’ dan N’ sering tertukar.

Baca Selengkapnya……… Sejarah Asal Usul Candi Jago Peninggalan Raja Singasari

You May Also Like

More From Author