Sejarah Asal Usul Mengenal Suku Osing Banyuwangi

Estimated read time 2 min read

Sejarah Asal Usul Suku Osing merupakan penduduk asli banyuwangi jawa timur. Salah satu ciri khas suku Osing adalah mereka menggunakan bahasa Osing yang merupakan turunan dari bahasa Jawa Kuna. Meski terbentuk dari subkultur etnis Jawa, namun suku Osing ternyata memiliki adat dan budaya yang berbeda dengan suku Jawa.

Keberadaan etnis Osing erat kaitannya dengan kekuasaan Majapahit. Pasalnya, suku Osing terbentuk pada akhir kekuasaan Majapahit. Saat kerajaan Majapahit runtuh, banyak masyarakat yang mengungsi ke sejumlah tempat. Beberapa lokasi pengungsian tersebut adalah Gunung Bromo, Blambangan dan Bali.

Di daerah Blambangan inilah terbentuk suku Osing. Oleh karena itu nama lain suku Osing adalah Wong Blambangan atau Laros (Lare Osing). Setiap suku yang ada di Indonesia bahkan dunia tentunya mempunyai ciri khasnya masing-masing. Begitu pula dengan suku Osing yang berasal dari Banyuwangi.

Sejarah Asal Usul Adanya Suku Osing Banyuwangi

Mempelajari sejarah dan tradisi suatu suku tidaklah cukup dalam waktu singkat. Pasalnya, setiap bagian suku, baik sejarah, cerita, adat istiadat, atau tradisi, mempunyai filosofi tersendiri.

Namun tak perlu khawatir, Sosial dan Sejarah akan memberikan penjelasan singkat mengenai bahasa Osing bagi pembaca yang ingin mengetahuinya. Berikut penjelasannya yang bisa Anda simak.

Berdasarkan sejarah, Suku Osing mempunyai hubungan kekerabatan dengan Pulau Jawa. Oleh karena itu, tidak heran jika bahasa Osing menjadi bahasa baru yang mengandung turunan dari bahasa Jawa Kuna.

Baca Selengkapnya……… Sejarah Asal Usul Tradisi Lisan Nenek Orang Ngadha

You May Also Like

More From Author