Sejarah Asal Usul Dengan Adanya Daulah Umayyah

Estimated read time 2 min read

Sejarah Asal Usul Daulah Bani Umayyah merupakan negara Islam yang kaya akan sejarah dan pengaruh dalam penyebaran Islam. Bahwa Daulah berhasil menyatukan wilayah mulai dari Tiongkok hingga Perancis. Bagian selatan di bawah naungan satu kekhalifahan Islam, yaitu Kekhalifahan Bani Umayyah. Ini adalah zaman keemasan Islam, masa ketika generasi-generasi terbaik umat Islam hidup bahkan di posisi-posisi pemerintahan.

Dari negeri-negeri taklukan tersebut, Daulah Bani Umayyah melahirkan putra-putra terbaik Islam, seperti Imam Bukhari. Muslim, an-Nasa-i, Tirmidzi, Ibnu Khaldun, ath-Tabari, adz-Dzahabi dan tokoh-tokoh lainnya. Jumlah ini seharusnya cukup bagi orang-orang untuk memuji mereka dan mendoakan yang terbaik atas jasa-jasa. Yang telah mereka berikan kepada Islam dan umat Islam.

Namun, manusia menjadi lebih pintar ketika mereka melihat kekurangannya, sehingga imbalan yang besar tampak tidak berarti. Beberapa peristiwa mengerikan pada masa pemerintahan itu terus muncul dan terulang kembali, terutama oleh musuh-musuh Islam. Itulah sebabnya hal ini cukup berpengaruh bagi sebagian umat Islam.

Sejarah Asal Usul Adanya Daulah Umayyah

Kekhalifahan Bani Umayyah berdiri pada tahun 41 H ketika al-Hasan bin Ali, cucu Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Menyerahkan kekuasaan kepada Muawiyah bin Abu Sufyan. Hal ini dilakukan Al-Hasan radhiallahu ‘anhu untuk menjaga persatuan dan darah ummat Islam setelah terjadi perpecahan sebelumnya. Kemunculan Daulah telah memojokkan posisi pihak-pihak yang menggunakan fitnah untuk menebar perselisihan dan menghancurkan harapannya.

Beberapa penulis sejarah berbohong tentang kondisi kaum Daulah Bani Umayyah. Atau mereka membesar-besarkan beberapa peristiwa yang melibatkan sekelompok orang dalam. Masyarakat seolah-olah seperti itulah kondisi masyarakat pada masa Daulah Bani Umayyah. Keadaan masyarakat pada masa ini sangat dekat dengan keadaan ulama.

Umat ​​beragama ini tidak lepas dari peran para khalifah Bani Umayyah yang sangat serius dalam menegakkan ajaran Islam yang murni. Pemurnian khurofat-khurofat. Terutama di daerah yang baru masuk Islam.

Baca Selengkapnya…………Sejarah ASal Usul Mengenal Suku Osing Banyuwangi

You May Also Like

More From Author