Asal Usul & Penyebaran Suku Dravida

Estimated read time 2 min read

Suku Dravida adalah kelompok etnolinguistik dari kelompok etnis asli Asia Selatan yang berbicara bahasa Dravida dan berbagi budaya Dravida. Ada sekitar 250 juta penutur asli bahasa Dravida. Penutur bahasa Dravida membentuk mayoritas penduduk India Selatan dan secara asli ditemukan di India, Pakistan. Afghanistan, Bangladesh, Maladewa, Nepal, Bhutan dan Sri Lanka. Masyarakat Dravida juga hadir di Singapura, Mauritius, Malaysia, Prancis, Afrika Selatan. Myanmar, Afrika Timur, Karibia, dan Uni Emirat Arab melalui migrasi baru-baru ini.

BACA JUGA : Sejarah Benteng Merah “Lal Qila” di India Hingga Kini

Proto-Dravida mungkin telah digunakan dalam peradaban Indus, menunjukkan “tanggal tentatif Proto-Dravida sekitar awal milenium ketiga SM”. Setelah itu berkembang menjadi berbagai bahasa Dravida. Dravida Selatan I (termasuk pra-Tamil) dan Dravida Selatan II (termasuk pra-Telugu) terpecah sekitar abad kesebelas SM. Dengan cabang-cabang utama lainnya terpecah pada waktu yang hampir bersamaan.

Sejarah Penemuan Bangsa/Suku Dravida

Asal usul bangsa Dravida adalah “subyek penelitian dan perdebatan yang sangat kompleks”. Mereka dianggap sebagai penduduk asli anak benua India. Namun mungkin memiliki akar pra-Neolitik yang lebih dalam dari Asia Barat, khususnya dari dataran tinggi Iran. Asal usul mereka sering dianggap berhubungan dengan peradaban Lembah Indus, sehingga orang dan bahasa menyebar ke timur dan selatan setelah runtuhnya Peradaban Lembah Indus pada awal milenium kedua SM, ada yang mengusulkan tidak lama sebelum kedatangan penutur bahasa Indo-Arya, yang berinteraksi secara intensif dengan mereka. Secara genetik, masyarakat Lembah Indus kuno sebagian besar terdiri dari keturunan pemburu-pengumpul (atau petani) “Iran”. Dengan berbagai tingkat keturunan dari kelompok pemburu-pengumpul lokal. Penutur bahasa Dravida modern menunjukkan susunan genetik yang serupa, tetapi juga membawa sebagian kecil nenek moyang Penggembala Stepa Barat dan mungkin juga mendapat kontribusi tambahan dari kelompok pemburu-pengumpul lokal.

Abad ketiga SM dan seterusnya menyaksikan perkembangan banyak kerajaan besar di India Selatan seperti Pandya, Chola, Chera, Pallava, Satavahana, Chalukya, Kakatiya dan Rashtrakuta. Serikat pekerja dan organisasi perdagangan India Selatan pada abad pertengahan seperti “Ayyavole Karnataka dan Manigramam” memainkan peran penting dalam perdagangan Asia Tenggara, dan Indianisasi budaya di wilayah tersebut.

Seni visual Dravida didominasi oleh gaya arsitektur kuil di pusat-pusat utama, dan produksi gambar pada patung batu dan perunggu. Patung yang berasal dari zaman Chola ini menjadi terkenal sebagai simbol agama Hindu. Kuil Sri Ranganathaswamy yang terletak di negara bagian Tamil Nadu, India, sering dianggap sebagai kuil Hindu terbesar yang masih berfungsi di dunia. Kuil ini dibangun dengan gaya Dravida dan menempati area seluas 156 hektar (631.000 m2).

You May Also Like

More From Author