Sejarah Benteng Merah “Lal Qila” di India Hingga Kini

Estimated read time 2 min read

Benteng Merah Lal Qila adalah sebuah benteng bersejarah di lingkungan Old Delhi di Delhi, India, yang secara historis berfungsi sebagai kediaman utama kaisar Mughal. Kaisar Shah Jahan menugaskan pembangunan Benteng Merah pada 12 Mei 1639. Ketika ia memutuskan untuk memindahkan ibu kotanya dari Agra ke Delhi. Awalnya berwarna merah dan putih, desainnya diberikan kepada arsitek Ustad Ahmad Lahori, yang juga membangun Taj Mahal. Benteng ini mewakili puncak arsitektur Mughal di bawah Shah Jahan dan menggabungkan arsitektur istana Persia dengan tradisi India.

BACA JUGA : Hawa Mahal, Salah Satu Bangunan Bersejarah di India

Benteng Merah Lal Qila ini dijarah karya seni dan permatanya selama invasi Nader Shah ke Kekaisaran Mughal pada tahun 1739. Sebagian besar struktur marmer benteng kemudian dihancurkan oleh Inggris setelah Pemberontakan India tahun 1857. Sebagian besar tembok pertahanan benteng tidak rusak, dan benteng tersebut kemudian digunakan sebagai garnisun.

Pada tanggal 15 Agustus 1947, Perdana Menteri pertama India, Jawaharlal Nehru, mengibarkan bendera India di atas Gerbang Lahori. Setiap tahun pada Hari Kemerdekaan India (15 Agustus), perdana menteri mengibarkan bendera tiga warna India di gerbang utama benteng dan menyampaikan pidato yang disiarkan secara nasional dari bentengnya melalui Sistem Pidato Publik Korps Sinyal Angkatan Darat India.

Benteng Merah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2007 sebagai bagian dari Kompleks Benteng Merah.

Benteng Merah di Era Modern

Beenteng Merah, monumen terbesar di Delhi, adalah salah satu tujuan wisata paling populer dan menarik ribuan pengunjung setiap tahunnya. Ini adalah monumen penting nasional; setiap tahun pada Hari Kemerdekaan India (15 Agustus), perdana menteri India mengibarkan bendera negaranya di Benteng Merah dan menyampaikan pidato yang disiarkan secara nasional dari bentengnya. Benteng ini juga muncul di belakang uang kertas ₹500 Seri Baru Rupee India Mahatma Gandhi.

Fitur arsitektur utama berada dalam kondisi campuran; fitur air yang luas kering. Beberapa bangunan berada dalam kondisi cukup baik, elemen dekoratifnya tidak terganggu; di tempat lain, bunga bertatahkan marmer telah disingkirkan oleh penjarah. Rumah teh, meskipun tidak dalam keadaan historisnya, adalah sebuah restoran yang berfungsi. Masjid dan hammam atau pemandian umum ditutup untuk umum, meskipun pengunjung dapat mengintip melalui jendela kaca atau kisi-kisi marmer. Jalan setapak rusak, dan toilet umum tersedia di pintu masuk dan di dalam taman. Pintu masuk Gerbang Lahori mengarah ke mal dengan toko perhiasan dan kerajinan. Ada juga museum “lukisan darah”, yang menggambarkan para martir muda India abad ke-20 dan kisah mereka, museum arkeologi, dan museum peringatan perang India.

You May Also Like

More From Author