Hawa Mahal, Salah Satu Bangunan Bersejarah di India

Estimated read time 2 min read

Hawa Mahal adalah sebuah istana di kota Jaipur, Rajasthan, India. Dibangun dari batu pasir merah dan merah muda, letaknya di pinggir Istana Kota. Jaipur, dan meluas hingga Zenana, atau kamar wanita.

Struktur ini dibangun pada tahun 1799 oleh Maharaja Sawai Pratap Singh, cucu Maharaja Sawai Jai Singh, pendiri kota Jhunjhunu di negara bagian Rajasthan. Ia begitu terinspirasi oleh struktur unik Khetri Mahal sehingga ia membangun istana megah dan bersejarah ini.

BACA JUGA : Benteng Arg-e Bam Peninggalan Sejarah Terbesar di Iran

Ini dirancang oleh Lal Chand Ustad. Eksterior lima lantainya mirip sarang lebah dengan 953 jendela kecil yang disebut Jharokhas yang dihiasi dengan kisi-kisi yang rumit. Tujuan awal dari desain kisi-kisi ini adalah untuk memungkinkan wanita kerajaan mengamati kehidupan sehari-hari dan festival yang dirayakan di jalan di bawah tanpa terlihat. Fitur arsitektur ini juga memungkinkan masuknya udara sejuk dari efek Venturi, sehingga membuat seluruh area lebih nyaman selama suhu tinggi di musim panas. Banyak orang melihat Hawa Mahal dari pemandangan jalan dan mengira itu adalah bagian depan istana, padahal sebenarnya itu adalah bagian belakang.

Pada tahun 2006, pekerjaan renovasi di Mahal dilakukan, setelah jeda selama 50 tahun. Untuk melakukan facelift pada monumen tersebut dengan perkiraan biaya sebesar Rs 4,568 juta. Sektor korporasi memberikan bantuan untuk melestarikan monumen bersejarah Jaipur dan Unit Trust of India telah mengadopsi Hawa Mahal untuk memeliharanya. Istana adalah bagian dari sebuah kompleks besar. Layar berukir batu, tingkap kecil, dan atap melengkung adalah beberapa keistimewaan tempat wisata populer ini. Monumen ini juga mempunyai cornice gantung yang dimodelkan dengan indah.

You May Also Like

More From Author