Benteng Amber Yang Sangat Bersejarah Bagi Warga India

Estimated read time 2 min read

Benteng Amer atau Benteng Amber adalah sebuah benteng yang terletak di Amer, Rajasthan, India. Amer adalah sebuah kota dengan luas 4 kilometer persegi (1,5 mil persegi) terletak 11 kilometer (6,8 mil) dari Jaipur, ibu kota Rajasthan. Terletak tinggi di atas bukit, ini adalah daya tarik wisata utama di Jaipur. Benteng Amer terkenal dengan elemen gaya artistiknya. Dengan bentengnya yang besar dan serangkaian gerbang serta jalan berbatu. Benteng ini menghadap Danau Maota, yang merupakan sumber air utama Istana Amer.

Istana Amer adalah contoh bagus arsitektur Rajput. Beberapa bangunan dan karyanya mempunyai pengaruh arsitektur Mughal. Dibangun dari batu pasir merah dan marmer, istana mewah dan menarik ini terletak di empat tingkat, masing-masing dengan halaman. Terdiri dari Diwan-e-Aam, atau “Aula Audiensi Umum”, Diwan-e-Khas, atau “Aula Audiensi Pribadi”. Sheesh Mahal (istana cermin), atau Jai Mandir, dan Sukh Niwas di mana iklim sejuk diciptakan secara artifisial oleh angin yang bertiup di atas air terjun di dalam istana. Oleh karena itu, Benteng Amer juga dikenal sebagai Istana Amer.

BACA JUGA : Mehrangarh Benteng Bersejarah Diatas Bukit Indah

Benteng Amber ini merupakan kediaman para Rajput Maharaja dan keluarga mereka. Di pintu masuk istana dekat Gerbang Ganesh benteng, terdapat sebuah kuil yang didedikasikan untuk Shila Devi. Dewi pemujaan Chaitanya, yang diberikan kepada Raja Man Singh ketika ia mengalahkan Raja Jessore, Benggala pada tahun 1604. (Jessore adalah sekarang di Bangladesh). Raja Man Singh mempunyai 12 ratu sehingga dia membuat 12 kamar, satu untuk setiap ratu. Setiap kamar memiliki tangga yang terhubung ke kamar Raja tetapi Ratu tidak boleh naik ke atas. Raja Jai Singh hanya mempunyai satu ratu jadi dia membangun satu ruangan yang setara dengan tiga kamar ratu tua.

Istana ini, bersama dengan Benteng Jaigarh, terletak tepat di atas Cheel ka Teela (Bukit Elang) di rangkaian perbukitan Aravalli yang sama. Istana dan Benteng Jaigarh dianggap satu kompleks, karena keduanya dihubungkan oleh lorong bawah tanah. Jalur ini dimaksudkan sebagai jalan keluar pada masa perang untuk memungkinkan anggota keluarga kerajaan dan orang lain di Benteng Amer berpindah ke Benteng Jaigarh yang lebih kokoh. Kunjungan wisatawan tahunan ke Istana Amer dilaporkan oleh Pengawas Departemen Arkeologi dan Museum sebanyak 5.000 pengunjung setiap hari, dengan 1,4 juta pengunjung selama tahun 2007. Pada sesi ke-37 Komite Warisan Dunia yang diadakan di Phnom Penh, Kamboja, pada tahun 2013, Benteng Amer, bersama dengan lima benteng lainnya di Rajasthan, dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO sebagai bagian dari kelompok Benteng Bukit Rajasthan.

You May Also Like

More From Author