Kuil Emas Harmandir Sahib Yang Bersejarah di India

Estimated read time 3 min read

Kuil Emas atau juga dikenal sebagai Harmandir Sahib atau Suvaran Mandir adalah sebuah gurdwara yang terletak di kota Amritsar, Punjab, India. Ini adalah situs spiritual terkemuka Sikhisme. Ini adalah salah satu situs tersuci dalam Sikhisme, bersama Gurdwara Darbar Sahib Kartarpur di Kartarpur, dan Gurdwara Janam Asthan di Nankana Sahib.

Kolam buatan di lokasi kuil diselesaikan oleh Guru Sikh keempat, Guru Ram Das, pada tahun 1577. Pada tahun 1604, Guru Arjan, Guru Sikh kelima. Menempatkan salinan Adi Granth di Kuil Emas dan merupakan tokoh terkemuka dalam pengembangannya. Gurdwara berulang kali dibangun kembali oleh kaum Sikh setelah menjadi sasaran penganiayaan dan dihancurkan beberapa kali oleh Mughal dan tentara Afghanistan yang menyerang. Maharaja Ranjit Singh, setelah mendirikan Kekaisaran Sikh, membangunnya kembali dari marmer dan tembaga pada tahun 1809, dan melapisi tempat suci tersebut dengan daun emas pada tahun 1830. Hal ini menyebabkan diberi nama Kuil Emas.

Sejarah Berdirinya Kuil Emas Harmandir Sahib

Menurut catatan sejarah Sikh, tanah yang menjadi Amritsar dan menampung Harimandir Sahib dipilih oleh Guru Amar Das, Guru ketiga dalam tradisi Sikh. Kota tersebut kemudian disebut Guru Da Chakk, setelah dia meminta muridnya Ram Das mencari tanah untuk memulai kota baru dengan kolam buatan sebagai titik pusatnya. Setelah Guru Ram Das menggantikan Guru Amar Das pada tahun 1574, dan menghadapi tentangan keras dari putra Guru Amar Das. Guru Ram Das mendirikan kota yang kemudian dikenal sebagai “Ramdaspur”. Dia memulai dengan menyelesaikan kolam dengan bantuan Baba Buddha (jangan bingung dengan Buddha dalam agama Buddha). Guru Ram Das membangun pusat resmi barunya dan rumah di sebelahnya. Dia mengundang para pedagang dan pengrajin dari daerah lain di India untuk menetap di kota baru bersamanya.

Kota Ramdaspur berkembang pada masa Guru Arjan yang dibiayai oleh sumbangan dan dibangun oleh kerja sukarela. Kota ini berkembang menjadi kota Amritsar, dan kawasan tersebut berkembang menjadi kompleks candi). Kegiatan konstruksi antara tahun 1574 dan 1604 dijelaskan dalam Mahima Prakash Vartak, sebuah teks hagiografi Sikh semi-sejarah yang kemungkinan besar disusun pada tahun 1741, dan dokumen paling awal yang diketahui berhubungan dengan kehidupan sepuluh Guru. Guru Arjan memasang kitab suci Sikhisme di dalam gurdwara baru pada tahun 1604. Melanjutkan upaya Guru Ram Das, Guru Arjan menetapkan Amritsar sebagai tujuan ziarah utama Sikh. Dia menulis sejumlah besar kitab Sikh termasuk Sukhmani Sahib yang populer.

BACA JUGA : Benteng Amber Yang Sangat Bersejarah Bagi Warga India

Kuil Emas merupakan rumah ibadah terbuka bagi semua orang, dari semua lapisan masyarakat dan agama. Ini memiliki denah persegi dengan empat pintu masuk, dan jalur keliling di sekitar kolam. Empat pintu masuk ke gurudwara melambangkan keyakinan Sikh akan kesetaraan dan pandangan Sikh bahwa semua orang dipersilakan masuk ke tempat suci mereka. Kompleks ini merupakan kumpulan bangunan di sekitar tempat suci dan kolam. Salah satunya adalah Akal Takht, pusat utama otoritas keagamaan Sikhisme. Bangunan tambahan termasuk menara jam, kantor Komite Gurdwara, Museum dan langar – dapur gratis yang dikelola komunitas. Sikh yang menawarkan makanan vegetarian kepada semua pengunjung tanpa diskriminasi. Lebih dari 150.000 orang mengunjungi kuil suci setiap hari untuk beribadah. Kompleks Gurdwara telah dinominasikan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, dan penerapannya masih menunggu daftar tentatif UNESCO.

You May Also Like

More From Author