Sejarah Asal Usul Osvia Sekolah PNS Zaman Belanda

Estimated read time 2 min read

Sejarah Asal Usul OSVIA Opleiding Scholen voor Inlandsche Ambtenaren atau disingkat OSVIA. Adalah sekolah yang didirikan oleh pemerintah Hindia Belanda untuk mendidik calon pegawai kelahiran pribumi. OSVIA didirikan pada tahun 1900 dan kehadirannya dapat ditemukan di beberapa kota di Pulau Jawa. Dan Sumatera Barat.

OSVIA merupakan sekolah setingkat perguruan tinggi, yang lulusannya akan diangkat menjadi birokrat pemerintah dan ditempatkan di berbagai dinas. OSVIA dikenal sebagai cikal bakal IPDN (Institut Dalam Negeri), salah satu sekolah kedinasan terpopuler di Indonesia.

Pendidikan di Hindia Belanda merupakan salah satu program kebijakan politik etis yang dipelopori oleh Van Deventer. Van Deventer, dalam majalah De Gids tahun 1899, menuliskan pendapatnya mengenai debt of honor.

Sejarah Asal Usul Osvia Sekolah PNS Zaman Hindia Belanda

Menurutnya, pemerintah Hindia Belanda banyak mengambil keuntungan dari negara-negara kolonial sehingga perlu ada sikap timbal balik terhadap masyarakat adat. Dari situlah lahir kebijakan politik etis atau politik retribusi yang salah satu programnya. Di bidang pendidikan membuka peluang bagi pribumi untuk memperoleh pendidikan Barat.

Namun di balik misi retribusi tersebut, pemerintah Hindia Belanda mempunyai tujuan lain, yakni memperoleh tenaga kerja yang murah dan terdidik. Desentralisasi dan perluasan birokrasi kolonial ke bidang-bidang baru mengharuskan pemerintah mempekerjakan sejumlah besar penduduk asli terpelajar.

Perubahan ini merupakan dampak dari penggabungan cabang OSVIA yang tersebar di wilayah Hindia Belanda. Saat ini OSVIA telah bertransformasi menjadi sekolah kedinasan di Institut Dalam Negeri (IPDN). Tujuan IPDN sama dengan OSVIA, yaitu menghasilkan kader pemerintahan yang kompeten.

Baca Selengkapnya………..Sejarah Asal Usul Osvia Sekolah PNS Zaman Belanda

You May Also Like

More From Author