Sejarah Asal Usul Kerajaan Karangsem Dan Letak Peninggalannya

Estimated read time 2 min read

Sejarah Asal Usul Kerajaan Karangasem Bali terkenal dengan kebudayaannya, baik materiil maupun non materiil, yang cenderung bercorak Hindu-Buddha. Hal ini tidak lepas dari pengaruh kepercayaan Hindu yang telah lama melekat dalam kehidupan masyarakat Bali dari dulu hingga sekarang.

Selain itu pengaruh tersebut juga semakin diperkuat dengan keberadaan kerajaan-kerajaan Hindu yang pada akhirnya juga meninggalkan berbagai bukti sejarah. Salah satu kerajaan yang berkembang di Bali pada masa itu adalah Kerajaan Karangasem. Kerajaan ini yang juga sudah merupakan kerajaan Hindu yang didirikan sejak abad ke-17 terletak di bagian timur Pulau Bali.

Anglurah Batan Jeruk yang dahulu merupakan mahapatih Kerajaan Gelgel yang meninggal di Desa Bungaya. Inilah awal mula segala penyebab terbentuknya Kerajaan Karangasem di bawah Dinasti Arya Batan Jeruk. Kerajaan Karangasem ini dan sebelum berada di bawah Dinasti lalu Arya Batan Jeruk dan juga merupakan salah satu kerajaan. Yang dipimpin oleh Ida I Dewa Karang Amla.

Sejarah Asal Usul Dengan Adanya Kerajaan Karangasem Dan Peninggalannya

Setelah I Gusti Agung Arya Batan Jeruk meninggal di bawah pemerintahan Ida I Dewa Karang Amla, ia meninggalkan. Seorang anak angkat bergelar I Gusti Agung Pangeran Oka dan seorang istri cantik yang kemudian. Tinggal di Desa Budakeling, di pasraman Danghyang Astapaka.

Suatu hari, janda I Gusti Agung Arya Batan Jeruk pergi ke pasar seperti biasa. Di hari yang sama, Ida I Dewa Karang Amla juga melihat-lihat pasar. Saat bertemu di persimpangan jalan, Ida I Dewa Karang Amla terpesona melihat kecantikan janda. I Gusti Agung Arya Batan Jeruk dan jatuh cinta.

Baca Selengkapnya………….Sejarah Asal Usul Osvia Sekolah PNS Zaman Belanda

You May Also Like

More From Author