Sejarah Asal Usul Kebudayaan Serta Perjalanan Dari Suku Lio

Estimated read time 2 min read

Sejarah Asal Usul Suku Lio di Indonesia terdiri dari berbagai macam suku dan kebudayaan, salah satunya adalah Suku Lio. Yang merupakan suku tertua dan terbesar di Pulau Flores. Suku Lio dikenal masih sangat teguh menjunjung tinggi tradisi dan budaya warisan nenek moyang.

Untuk tempat tinggalnya sendiri, masyarakat Suku Lio biasanya menempati Kecamatan Wolowaru. Kecamatan Ndona Timur, Kecamatan Ndona, Kecamatan Detusoko, Kecamatan Lio Timur, Kecamatan Mauorole. Kecamatan Detukeli, Kecamatan Ndori, Kecamatan Kelimutu, di beberapa wilayah Kabupaten Maukaro.

Dimana hampir 85% penduduk Suku Lio menempati Kabupaten Ende, jika berbicara tentang asal muasal suku. Ini ada beberapa versi, yang pertama adalah Suku Lio merupakan manusia pertama yang ada di wilayah Ende.

Sejarah Asal Usul Adanya Kebudayaan Serta Perjalanan Dari Suku Lio

Kepala suku dan wakil kepala suku mempunyai peranan masing-masing sesuai dengan tugas yang diamanahkan oleh nenek moyang. Terdahulu secara turun temurun. Keempat kepala suku tersebut tinggal di sao ria atau artinya rumah besar masing-masing.

Lio mempunyai berbagai unsur permukiman tradisional seperti sao ria yang merupakan rumah besar, sao keda. Yang merupakan tempat bermusyawarah, kanga yang berarti arena lingkaran, tubu musu atau tugu batu, rate atau sebuh tempat. Kuburan, dan juga kebo ria yang berarti telah lumbung. .

Sedangkan bagi laki-laki dilambangkan sebagai langit yang menjaga, mengayomi, dan melindungi. Prinsip perempuan dan laki-laki ini yang berasal dari pada suku Lio diibaratkan bumi. Lalu langit yang sudah saling melengkapi satu sama lain.

Baca Selengkapnya……….Sejarah Asal Usul Kerajaan Karangsem Dan Letak Peninggalannya

You May Also Like

More From Author