Sejarah Asal Usul Musem R.A. Kartini Di Jepara Dan Rembang

Estimated read time 2 min read

Sejarah Asal Usul museum R.A. Kartini Tahukah Anda ada dua Museum RA. Kartini di Indonesia? Keduanya berlokasi di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) yakni R.A. Kartini di Jepara dan R.A. Kartini di Rembang. Lalu apa perbedaan kedua R.A. Kartini itu? Tak hanya perbedaan lokasi, kedua R.A. Kartini adalah dua jenis museum yang berbeda. R.A. Museum Kartini di Jepara merupakan salah satu jenis museum umum. Sementara itu, R.A. Museum Kartini di Rembang merupakan museum khusus.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang kedua Museum R.A. Kartini di Jepara dan Rembang, simak berikut ini, seperti dikutip dari situs resmi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek). Dikutip dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Museum R.A. Kartini di Jepara

R.A. Museum Kartini di Jepara dibangun pada tanggal 30 Maret 1975 pada masa pemerintahan Bupati. Soewarno Djojomardowo, S.H., dan diresmikan pada tanggal 21 April 1977 oleh Bupati, Kepala Daerah Tingkat II Jepara, Soedikto, S.H. Museum ini menampilkan peninggalan R.A. Kartini lalu dengan semasa hidupnya dan sudah mewarisi benda-benda sejarah peninggalan adiknya. Yaitu bernama RMP Sosrokartono, saat itu serta benda-benda kuno yang terdapat di wilayah Kabupaten Jepara.

Sejarah Asal Usul Adanya dua Jenis Museum R.A Kartini Di Jepara Dan Rembang

Dikutip dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Museum R.A. Kartini di Rembang berada di bawah kepemilikan Pemerintah Kabupaten Rembang yang dikelola oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Rembang. Museum ini merupakan museum tipe khusus dengan Tipe B.

Sejarah R.A. Museum Kartini di Rembang didirikan pada tanggal 21 April 1967. R.A. Kartini Rembang terletak di Jl. Gatot Subroto No.8, Rembang Di Dalam Gedung R.A. Museum Kartini Rembang juga memiliki ruangan yang berisi berbagai karya. Pahlawan nasional ini, antara lain buku “Habis Gelap Terbitlah Terang”, surat-surat tulisan tangan R.A.

Baca Selengkapnya………Sejarah Asal Usul Dengan Adanya Prasasti Berupa Dokumen

You May Also Like

More From Author