Sejarah Asal Usul Mengenal Adanya Wajak Suku Tertua

Estimated read time 2 min read

Sejarah Asal Usul ADA 478 suku dan 742 bahasa daerah di Indonesia. Salah satunya adalah Wajak, suku tertua yang mendiami Desa Wajak, Tulungagung, Jawa Timur, sekitar 500.000 tahun lalu. Keberadaan suku ini diketahui ketika seorang peneliti bernama B.D Von. Rietschoten menemukan fosil Homo Wajakensis di lereng pegunungan karst di Distrik Campurdarat, pada 24 Oktober 1888.

Ia menemukan tengkorak, rahang bawah, dan tulang leher manusia Wajak. Berdasarkan temuan tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa dengan adanya terdapat sebuah kemiripan. Antara masyarakat dengan Wajak dengan masyarakat yang berada di Aborigin asli. Peneliti memperkirakan suku Wajak lalu saat itu telah menghilang dari Indonesia sekitar 20.000 tahun yang lalu. Saat telah terjadi Gunung Dempo

Gunung Toba dan Gunung Krakatau meletus. Mereka kemudian meninggalkan Tulungagung dan pindah ke Pulau Jumano dan Pulau Ainu, Jepang. Berdasarkan hasil dari sebuah penelitian B.D Von Rietschoten, masyarakat Wajak ini juga sudah tinggal. Di gua-gua dan berada di dekat dengan rawa-rawa yang berada di pantai. Alasannya, agar mereka mudah mencari bahan makanan.

Sejarah Asal AUsul Mengenal Wajak Suku Tertua Di Indonesia

Suku Wajak juga saat ini sudah dikenal cerdas karena sudah akrab dengan sistem penguburan manusia dan hidup sampai berpindah-pindah. Tempat dengan menggunakan perahu yang telah tebuat dari pohon. Beberapa arkeolog meyakini bahwa suku Wajak merupakan suku tertua di Indonesia.

Hal ini terlihat melalui fosil manusia purba yang ditemukan di kawasan tersebut, yang juga menunjukkan keberadaan. Manusia yang terjadi ratusan ribu. Hingga jutaan tahun lalu. Di sisi lain, dari beberapa cerita yang berkembang di masyarakat setempat, suku Wajak. Menghilang dari peredaran sekitar 20 ribu tahun yang lalu.

Baca Selengkapnya……….Sejarah Asal Usul Adanya Suku ANgkola Di Indonesia

You May Also Like

More From Author