Sejarah Asal Usul Adanya Suku Angkola Di Indonesia

Estimated read time 2 min read

Sejarah asal usul Suku Angkola atau Suku Batak Angkola merupakan salah satu suku yang termasuk dalam suku Batak. Yang meliputi Batak Toba, Batak Karo, Batak Pakpak, Batak Simalungun, dan Batak Mandailing.

Tanah tanah adat Suku Batak Angkola berada di wilayah selatan Tapanuli yang meliputi beberapa wilayah seperti Kabupaten. Tapanuli Selatan, Kabupaten Padang Lawas, Kabupaten Padang Lawas Utara, Kota Padang Sidempuan, serta beberapa wilayah di Kabupaten Mandailing Natal.

Suku Angkola juga masih mempunyai hubungan kekerabatan dengan marga Batak Toba dan Batak Mandailing, nyatanya ketiga etnis. Ini masih mempunyai beberapa kesamaan bahasa dan budaya dalam masyarakatnya. Dalam penyebarannya sendiri mungkin sebagian orang akan mengira bahwa penduduk asli wilayah Tapanuli Selatan adalah suku Mandailing. Dan juga sebagian lainnya adalah Batak Toba.

Sejarah Asal Usul Dari Salah Satu Suku Indonesia Yaitu Suku Angkola

Namun anggapan tersebut bisa dikatakan salah, dimana wilayah Tapanuli Selatan yang sebelum pemekaran menjadi Tapanuli. Selatan dan Mandailing Natal ternyata sudah lama dihuni oleh penduduk asli suku Angkola dan Mandailing. Suku Angkola yang mayoritas bermukim di wilayah Tapanuli Selatan, kini terlihat dari dominasi marga Harahap dan Siregar.

Dalam sejarah Tapanuli Selatan dijelaskan bahwa Angkola mempunyai dua arti penting, dimana Angkola dapat berarti wilayah. Atau wilayah, dan arti lainnya adalah Angkola merupakan suku bangsa yang berdiri sendiri dan berasal dari daerah Sumatera Utara.

Selain itu Padang Bolak merupakan wilayah tempat tinggal masyarakat Angkola. Dimana di kawasan Porbiti juga terdapat sebuah pura bernama Candi Biara yang merupakan peninggalan agama Hindu dan Budha.

Baca Selengkapnya………Sejarah Asal Usul Suku Karo Tradisi DAn Rumah Adat

You May Also Like

More From Author