Sejarah Asal Usul Kuburan Aneuk Manyak Anak Kecil Keramat

Estimated read time 2 min read

Sejarah Asal Usul Pada tahun 2006 saya pergi ke Banda Aceh untuk intat. Dara baroe (penghukuman wanita yang baru menikah) bersama keluarga saya. Saya dan keluarga melalui jalur Meulaboh – Geumpang, karena jalur Meulaboh – Calang rusak parah akibat Tsunami Aceh saat itu. Selepas berangkat saya singgah di Makam Aneuk Manyak, dimana Makam Aneuk Manyak merupakan makam yang disakralkan menurut pendapat masyarakat Meulaboh.

Saat itu, sebagian masyarakat melaksanakan salat khitan dua rakaat dan sembahyang di makam suci Aneuk Manyak. Saat aku masih kecil, aku semakin terkejut dengan kelakuan orang-orang. Karena menurut saya apa yang istimewa dari makam aneuk manyak (anak kecil). Setelah tiba di rumah saya mendengar cerita dari seorang lansia di keluarga saya.

Sekitar usia 4 tahun, anak Tgk Muharban, ibunya atau istri Tgk Muharban meninggal di Pidie. Oleh karena itu, Tgk Muharban berencana untuk kembali ke Meulaboh, tempat asalnya, dan kembali bersama keluarganya yang berada di Meulaboh. Setelah meminta izin kepada ibu mertuanya dan diberi izin, Tgk Muharban menceritakan. Kepada teman-temannya di Pidie bahwa ia akan segera kembali ke Meulaboh, sehingga Tgk Muharban menjual seluruh hartanya di Pidie.

Sejarah Asal Usul Adanya Kuburan Aneuk Manyak


Salah seorang temannya menanyakan tanggal dan hari Muharban akan kembali ke Meulaboh. Tanpa curiga, Muharban memberitahunya kapan sebenarnya dia akan pulang. Dalam perjalanan pulang ke Meulaboh, Muharban berangkat bersama putranya dan temannya, sehingga berangkatlah mereka bertiga. Sesampainya di kawasan perbatasan Geumpang, temannya meminta izin untuk pulang bersama Muharban. Karena temannya merasa lelah dan langsung ingin kembali ke Pidie.

Oleh karena itu, masyarakat menganggap kedua kuburan tersebut sebagai kuburan banyak anak, yaitu anak-anak yang dianiaya karena dibunuh. Oleh karena itu, banyak kuburan Aneuk yang dianggap sebagai kuburan suci. Cerita yang saya dapatkan adalah cerita berdasarkan cerita salah satu orang tua di keluarga saya. Selain itu, makam Aneuk Manyak merupakan makam suci.

Baca Selengkapnya………. Sejarah Asal Usul Wentira Misteri Kerajaan Gaib Di Sulawesi

You May Also Like

More From Author