Sejarah Asal Usul Dengan Adanya Keberadaan Romawi Kuno

Estimated read time 2 min read

Sejarah Asal Usul Roma Kuno adalah sebutan untuk peradaban Romawi yang dibangun sekitar tahun 800 SM. Peradaban ini dibangun dan dikembangkan oleh masyarakatnya di semenanjung Apennine atau yang sekarang dikenal dengan Italia. Perkembangan Romawi dipengaruhi oleh kondisi geografisnya yang berada di kawasan strategis yaitu di Laut Mediterania sehingga cocok untuk perdagangan.

Selain itu, lokasinya yang dikelilingi tujuh bukit membuatnya aman dari serbuan asing. Roma memiliki iklim yang nyaman dan tanah subur untuk kegiatan pertanian. Menurut perkembangannya, pemerintahan Romawi Kuno terbagi menjadi tiga zaman. Yaitu Zaman Kekaisaran Romawi (750-510 SM), Zaman Republik Romawi (510-31 SM), dan Zaman Kekaisaran Romawi (31 SM). SM-476 M).

Kekaisaran Romawi tumbuh menjadi kerajaan terbesar di dunia pada zaman dahulu dengan jumlah penduduk mencapai 20 persen dari total. Penduduk dunia dan luas wilayah 5 juta meter persegi pada tahun 117 Masehi. Menurut cerita rakyat, kemunculan peradaban Romawi Kuno diawali dengan berdirinya kota Roma oleh dua orang pemuda. Bernama Remus dan Remulus. pada tahun 750 SM.

Sejarah Asal Usul Keberadaan Kuno Romawi

Kedua sosok ini merupakan anak kembar dari Rhea Silva, keturunan pahlawan asal Troy. Penguasa Romawi pertama adalah Romulus, dengan wilayah kekuasaannya terbatas pada kota Roma dan sekitarnya. Pada tahun 550 SM, kota Roma dikuasai oleh bangsa Etruria, keturunan bangsa Mycenaean yang berlayar dari Yunani.

Perubahan sistem pemerintahan kemudian terjadi secara drastis pada tahun 509 SM, ketika rakyat menggulingkan Raja Tarquin. Raja terakhir di Kekaisaran Romawi. Era Republik Romawi dimulai pada 510-31 SM. Pada mulanya sistem pemerintahan bersifat aristokrat. Republik ini kemudian berkembang menjadi sebuah kerajaan dengan wilayah kekuasaan yang sangat luas, mencakup seluruh wilayah Mediterania.

Baca Selengkapnya…………….Sejarah Asal Usul Kuburan Tertua Berasal Dari Zaman Paleolitik

You May Also Like

More From Author