Sejarah Asal Usul Kuburan Tertua Berasal Dari Zaman Paleolitik

Estimated read time 2 min read

Sejarah Asal Usul Pemakaman merupakan bentuk penghormatan terakhir terhadap orang yang telah meninggal atau meninggal dunia. Namun kapan kuburan atau makam manusia pertama kali muncul? Kapan kuburan manusia pertama kali ada di dunia saat ini masih belum dapat dipastikan. Bukti yang tersedia sejauh ini menunjukkan masa Paleolitik Tengah sekitar 300.000 hingga 30.000 tahun yang lalu.

Setidaknya 120.000 tahun yang lalu kami menemukan mayat manusia yang sengaja dikuburkan,” kata Mary Stiner. Profesor antropologi di Universitas Arizona dalam Live Science. Penemuan tersebut mungkin bukan penguburan manusia tertua, namun untuk saat ini. Bukti yang paling meyakinkan adalah penguburan manusia modern atau Homo sapiens dari era Paleolitik Tengah.

Sedangkan penelitian lain menyebutkan kerabat manusia menguburkan jenazah mereka 300.000 tahun lalu di wilayah yang sekarang dikenal sebagai Afrika Selatan. Secara anatomis, penguburan manusia modern pertama yang diketahui berasal dari 120.000 tahun yang lalu di Gua Qafzeh atau Israel. Di dalam gua tersebut juga terdapat kuburan Neanderthal dari 115.000 tahun lalu, dilansir The Australian Museum.

Menurut Stiner, penguburan dilakukan di dalam gua karena gua pada masa Paleolitik Tengah digunakan sebagai tempat tinggal, makan, dan bersosialisasi. Ia juga meyakini penguburan tersebut dilakukan dengan sengaja, karena kerangka jenazah disusun sedemikian rupa. “Seseorang sebenarnya telah menggali lubang dan kemudian mengisinya dengan bahan-bahan budaya yang campur aduk,” jelas Stiner

Menurut Trish Biers, kurator Laboratorium Duckworth Universitas Cambridge, manusia dan hewan tidak menyukai pembusukan. “Saat Anda mengalami kematian dan pembusukan, Anda akan mengetahui ada sesuatu yang salah dan prosesnya. Tidak menyenangkan untuk ditonton,” jelasnya dalam Live Science.

Sedangkan penguburan dengan proses kremasi baru ditemukan dan diketahui terjadi sekitar 40.000 tahun lalu di Australia. Kuburan kremasi dikenal sebagai Mungo Lady. “Salah satu hal yang paling saya sukai dari mempelajari dan meneliti kematian adalah praktik kematian sangat bervariasi.

Baca Selengkapnya………… Sejarah Asal Usul Peradaban Kuno Yang Memengaruhi Kita

You May Also Like

More From Author