Sejarah Asal Usul Peradaban India Kuno Di Sungai Kudus

Estimated read time 2 min read

Sejarah Asal Usul Peradaban India kuno adalah peradaban yang terletak di sepanjang Sungai Indus. Dimana berpusat di kota Mohenjodaro dan Harappa. Peradaban India kuno diperkirakan sudah ada sekitar tahun 2500 SM. Bangsa Dravida mempunyai ciri-ciri tubuh pendek, hidung pesek, rambut hitam keriting, dan kulit hitam.

Dimana masyarakat Dravinda telah membangun saluran drainase yang dilengkapi dengan saluran sanitasi. Dilansir Encyclopaedia Britannica (2015), peradaban India disebut juga dengan peradaban lembah Indus atau peradaban Harappa. Peradaban ini diperkirakan sudah ada sekitar tahun 2500-1700 SM. Peradaban Indus diketahui terdiri dari dua kota besar, Mohenjodaro dan Harappa, serta lebih dari 100 desa. Kedua kota tersebut awalnya masing-masing berukuran sekitar 1 mil atau 1,6 kilometer persegi.

Dalam buku India Kuno (2008) karya Maryani, saat itu kota Mohenjodaro berkembang menjadi kota seperti Mesopotamia, Mesir Kuno, dan Yunani. Mohanjodaro artinya gundukan tanah mati. Mohanjodaro terletak di Provinsi Sindh, tepatnya di atas wilayah Pleistosen dan di tengah dataran Sungai Indus. Pada masa itu Dataran Sungai Indus merupakan kawasan yang menonjol dan menonjol dalam peradaban lembah Sungai Indus.

Sejarah Asal Usul Peradaban India Kuno

Selain itu, kota ini juga merupakan salah satu kota dengan pertumbuhan tercepat di Asia Selatan. Keahlian perencanaan dan teknik menunjukkan pentingnya kota bagi penduduknya. Ada bangunan dan karya seni yang menakjubkan. Bangunan ini memiliki tata letak berdasarkan jalur jalan dengan pola yang sempurna.

Bangunan fasilitas umum juga menunjukkan tingkat organisasi sosial yang tinggi. Kota Mohenjodaro dibangun dengan perencanaan kota yang teratur. Dimana memenuhi syarat kesehatan dan kecantikan. Pembagian kota dilakukan menjadi blok-blok persegi atau persegi panjang.

Baca Selengkapnya………….Sejarah Asal Usul Dengan Adanya Keberadaan romawi Kuno

You May Also Like

More From Author