Sejarah Asal Usul Dengan Adanya Kerajaan Majapahit

Estimated read time 2 min read

Sejarah Asal Usul Kerajaan Majapahit merupakan kerajaan Indonesia kuno yang mencapai puncak kejayaannya pada masa pemerintahan Hayam Wuruk. Kerajaan ini dikenal juga dengan nama Patih Gajah Mada yang ingin mempersatukan nusantara. Seperti dikutip dari buku Solusi Efektif Menghadapi Ujian IPS karya Kingkin Teja Angkasa dan Iwan Prasetyo.

Namun setelah tahun 1389, keruntuhan Majapahit dimulai akibat perang saudara, pergantian raja, dan pemberontakan. Kronogram Jawa dari tahun 1478 juga menandai jatuhnya Kerajaan Majapahit. Runtuhnya kerajaan Hindu-Budha terbesar di Indonesia ini menyisakan beberapa peninggalan berupa sejumlah candi, kitab, dan beberapa prasasti.

Ketika runtuh sebagai kerajaan Hindu Budha, Majapahit pun meninggalkan bangunan candinya. Mengutip dari situs resmi Universitas Gunadarma dan situs resmi Universitas Stekom. Istilah candi berasal dari kata Candhikagrha atau Candigrha yang berarti rumah Candi Dewi. Dibawah ini beberapa candi peninggalan Kerajaan Majapahit.

Sejarah Asal Usul Kerajan Majapahit Candi Karya

Selain itu, terdapat juga sejumlah prasasti yang merupakan peninggalan budaya Kerajaan Majapahit. Mengutip dari bebagai sebuah buku Sejarah tentang Kerajaan, Kerajaan Jawa Kuno. Dari Abad 4 – 15 M sebelum karya Ria Ristiningsih, prasasti merupakan salah satu data. Arkeologi yang juga sudah bersifat dari beberapa tekstual berupa tulisan kuno, logam, batu, dan daun lontar.

Prasasti ini yang sudah berisi tentang konon menjelaskan bahwa adanya berbagai peristiwa yang telah terjadi. Pada masa berdirinya kerajaan ini dan berada di masa lalu. Berikut beberapa prasasti peninggalan Kerajaan Majapahit seperti dilansir situs resmi Universitas Gunadarma. Hal inilah yang menjadi peninggalan Kerajaan Majapahit sebagai kerajaan Hindu-Buddha terbesar di Indonesia. Selamat belajar!

Baca Selengkapnya………. Sejarah ASal Usul Peradaban India Kuno Di Sungai Kudus

You May Also Like

More From Author