Sejarah ASal Usul Adanya Singkat Kekaisaran Romawi

Estimated read time 2 min read

Sejarah asal usul adanya Kekaisaran Romawi yang telah menjadi salah satu kerajaan terbesar di dunia. Dan sudah didirikan pada tahun 625 SM. Kerajaan ini jatuh pada tahun 476 M dan meninggalkan banyak kebudayaan. Lalu bagaimana sejarah kekaisaran Romawi? Sejarah Kekaisaran Romawi dapat dibagi menjadi tiga periode berbeda. Periode Para Raja (625-510 SM), Periode Republik Romawi (510-31 SM), dan Periode Kekaisaran Romawi (31 SM – 476 M).

Periode pertama yang berada di dalam sejarah Kekaisaran Romawi dan ini juga sudah dimulai dengan Periode Para Raja. Sesudah 625-510 SM. Selama masa ini, Roma diperintah oleh setidaknya enam raja. Di bawah kepemimpinan seorang raja-raja ini, dan sebuah Roma mengalami adanya kemajuan. Yang berada di dalam bidang kekuatan militer seperti ekonomi. Perbatasan fisik, produksi dan perdagangan lainnya ataupun barang seperti lampu minyak. Periode ini juga merupakan awal terbentuknya konstitusi Romawi.

Sejarah Asal Usul Dengan Adanya Kekaisaran Romawi

Periode kedua adalah Republik Romawi yang dimulai pada tahun 510 SM hingga 31 SM. Pada periode ini Roma tidak lagi diperintah oleh raja tetapi diperintah oleh kalangan atas yaitu senator. Dan penunggang kuda atau ksatria. Selama masa ini, Roma memperluas dan menguasai seluruh semenanjung Italia pada tahun 338 SM. Roma juga menguasai Kartago dan Korintus yang menjadi kekuatan maritim di Mediterania melalui Perang. Punisia tahun 264-146 SM dan konflik Yunani.

Suasana politik Roma kemudian berubah dan memasuki masa kekacauan dan perang saudara. Pasca lengsernya Cornelius Sulla yang bertugas pada 82-79 SM, Roma terus mengalami keresahan. Kemudian pada tahun 60 SM, imperialisme mulai terbentuk di Roma di bawah kepemimpinan Julius Caesar. Caesar ini juga telah menaklukkan Celtic Gaul saat memperluas sebuah perbatasan. Roma melampaui wilayah yang berada di Mediterania pada tahun 51 SM.

Baca Selengkapnya…………….. Sejarah Asal Usul Bungo Jambi Dan Adanya Fakta Dan Ciri Khas


You May Also Like

More From Author