Sejarah Asal Usul Bungo Jambi Dan Adanya Fakta Dan Ciri Khas

Estimated read time 2 min read

Sejarah asal usul Bungo merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jambi. Kabupaten ini berdiri berkat hasil pemekaran Kabupaten Bungo Tebo pada tanggal 12 Oktober 1999. Sebagai sebuah kabupaten, Bungo tentunya mempunyai keunikan tersendiri. Salah satunya adalah tempat wisata sejarah yang belum banyak diketahui orang, yaitu kompleks Rumah Tuo. Dan tentunya Kabupaten Bungo mempunyai sejarah panjang untuk bisa berdiri tegak.

Kabupaten ini juga mempunyai maskot tersendiri, penasaran? Berikut detikSumbagsel rangkum informasi mengenai Bungo Jambi. Ayo, lihat! Dilansir dari situs resmi Kabupaten Bungo, kabupaten ini merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jambi. Yang semula merupakan bagian dari Kabupaten Merangin.

Kabupaten Merangin yang semula ibukotanya di Bangko dipindahkan ke Muara Bungo. Kemudian pada tahun 1958 masyarakat Kabupaten Merangin melalui DPRD dan DPRDGR. Peralihan yang berkedudukan di Muara Bungo dan Bangko menyampaikan pendapatnya kepada pemerintah. Pusat agar Kecamatan Muara Bungo dan Tebo menjadi Kabupaten Muara Bungo Tebo yang beribukota di Muara Bungo.

Sejarah Asal Usul Bungo Jambi Dan Ciri Khas

Bersamaan dengan dilantiknya M.Saidi sebagai Bupati, maka papan nama Kantor Bupati Merangin diturunkan. Dan diganti dengan papan nama Kantor Bupati Muara Bungo Tebo dan sejak itu, tanggal 19 Oktober 1965. Ditetapkan sebagai hari jadi Kabupaten Muara. Bungo Tebo. Seiring berjalannya waktu, melalui Undang-Undang Nomor 54 Tahun 1999. Kabupaten Bungo Tebo dimekarkan menjadi 2 wilayah yaitu Kabupaten Bungo dan Kabupaten Tebo.

Kabupaten Bungo juga kaya akan tempat wisata sejarah yang belum terjamah oleh para ahli penelitian sejarah. Salah satu tempat wisata yang mungkin belum banyak diketahui orang adalah komplek rumah tuo di Dusun Tanah Periuk. Tokoh masyarakat setempat belum bisa memperkirakan kapan deretan rumah tuo tersebut akan dibangun.

Baca Selengkapnya…………….. Sejarah Asal Usul Pertengahan Abat Di Eropa Secara SIngkat

You May Also Like

More From Author