Sejarah Asal Usul Teori Out Of Taiwan Dan Kebudayaan

Estimated read time 2 min read

Sejarah Asal Usul Dengan Adanya sejumlah teori terkait asal usul nenek moyang masyarakat Indonesia. Salah satu teori yang muncul dari penelitian para arkeolog, ahli genetika dan linguistik adalah Teori Out of Taiwan. Para imigran yang berbahasa Austronesia ini telah menjelajahi Madagaskar di barat, Pulau Paskah di timur, Taiwan dan Mikronesia di utara, dan hingga ke Selandia Baru di selatan.

Mereka diperkirakan datang dari Taiwan melalui Filipina sekitar 4.500-3.000 SM.
Kemudian sekitar tahun 3.500-2.000 SM, mereka bermigrasi ke Indonesia melalui Sulawesi dan menyebar ke berbagai pelosok nusantara. Dari Sulawesi, jalur distribusinya terbagi menjadi dua saluran.

Sedangkan jalur timur dimulai dari Sulawesi hingga Indonesia bagian timur. Para ahli yang berada di dalam sejarah itu telah menyebutkan bahwa dengan adanya bahasa nenek moyang orang Melayu dan berada di Indonesia berasal dari Taiwan yang pernah disebut dengan bahasa Austronesia. diantara Salah satunya para ahli yang telah mendukung Teori Out of Taiwan disebut orangnya adalah Harry Truman Simanjuntak.

Ketika bermigrasi, penutur bahasa Austronesia memperkenalkan budaya nya kepada masyarakat setempat. Oleh karena itu, interaksi budaya dan dalam beberapa kasus genetika tidak dapat dihindari. Salah satu budaya mereka yang paling berpengaruh adalah budaya bahari.
Penutur bahasa Austronesia merupakan masyarakat pelaut yang menghabiskan sebagian besar hidupnya di laut dan bermigrasi dari satu pulau ke pulau lain.

Selain budaya bahari, budaya lain yang dibawa antara lain:

Pertanian (padi, millet, tebu, ubi jalar, dan talas raksasa)
* Domestikasi ternak (babi, anjing dan ayam)
*Teknologi pengiriman
*Membuat tembikar
*Perhiasan terbuat dari cangkang
*Menenun
*Kebiasaan makan sirih

Selain itu, ditemukan juga adanya kesamaan linguistik antar masyarakat di kepulauan Asia Tenggara. Hal ini menandakan bahwa masyarakat tersebut berasal dari nenek moyang yang sama, yaitu penutur bahasa Austronesia.

Baca Selengkapnya….. Sejarah Asal Usul Perang Dunia Ke I Berada Di Negara Eropa

You May Also Like

More From Author