Sejarah Asal Usul Perang Dunia Ke I Berada Di Negara Eropa

Estimated read time 2 min read

Sobat Grameds pastinya tahu tentang Perang Dunia I. Namun tahukah kalian kalau peristiwa tersebut merupakan tonggak sejarah bagi dunia. Perang Dunia I itu adalah merupakan sebuah perang besar global yang sudah berpusat di negara Eropa.

Perang tersebut melibatkan seluruh negara-negara besar di dunia yang terbagi menjadi dua aliansi yang berlawanan. Yaitu Sekutu (berdasarkan Triple Entente yang terdiri dari Inggris Raya, Perancis dan Kekaisaran Rusia) dan Blok Sentral. (berdasarkan Triple Alliance, terdiri dari Jerman, Austria-Hongaria, dan Italia). Namun, ketika Austria-Hongaria menyerang, aliansi ini bersifat defensif sementara, Italia tidak ikut berperang).

Berikut penjelasan penyebab, timeline dan negara-negara yang terlibat dalam Perang Dunia I. Perang Dunia I ini juga sudah terjadi di negara Eropa dimulai sejak pada tahun 1914 dan berakhir pada tahun 1918. Salah satu faktor utama penyebab terjadinya perang di negara-negara Barat dipicu oleh persaingan.Iindustri dan militer. . antara Jerman dan Inggris Raya.

Sejarah Asal Usul Perang Dunia Ke 1 Di Negara Eropa

Negara-negara dan kemudian itu sudah merasa membutuhkan lalu adanya teman ketika berhadapan dengan seorang musuh justru membangun kubu-kubu (aliansi). Saat itu ada juga terdapat di dalam sebuah dua kubu yang saling berhadapan dan diantara yaitu Triple Alliance.

Pada tahun 1918 muncullah Perjanjian Brest-Litovsk yang isinya menyatakan bahwa Kekaisaran Rusia akan keluar dari Perang Dunia I. Selanjutnya terjadilah “Serangan Seratus Hari” pada tahun 1918 yang dilancarkan oleh Triple Entente. Garis pertahanan Jerman di Front Barat mendapat serangan hebat.

Jerman akhirnya menyerah. Pernyataan dalam sebuah kekalahan tersebut pada perang dunia itu juga sudah akhirnya diikuti oleh negara-negara. Lain yang tergabung dalam Triple Alliance. Bulgaria, Turki Utsmaniyah, dan Austria-Hongaria akhirnya mengibarkan bendera putih secara bergantian. Perang Dunia I resmi berakhir pada 11 November 1918.

Baca Selengkapnya….. Sejarah Asal Usul Air Panas Sipoholon Letusan Gunung Martimbang

You May Also Like

More From Author