Sejarah Asal Usul Masa Pendudukan Jepang Di Indonesia

Estimated read time 2 min read

Sejarah Asal Usul Masa pendudukan Jepang yang berada di Indonesia dan sudah berlangsung selama kurang lebih 3,5 tahun. Jepang mulai menduduki Indonesia setelah Belanda menyerah tanpa syarat pada tanggal 8 Maret 1942. Dalam Masa kependudukan Jepang berakhir setelah Indonesia itu juga sudah memproklamasikan kemerdekaan sejak pada tanggal 17 Agustus 1945.

Jepang pertama kali mendarat di Indonesia melalui Tarakan, Kalimantan Timur, pada 11 Januari 1942. Jepang yang terlibat dalam Perang Pasifik datang ke Tarakan untuk memperoleh cadangan logistik. Dan bahan industri perang, seperti minyak bumi dan alumunium.

Kedatangan Jepang kemudian memukul mundur pasukan Hindia Belanda yang saat itu juga berangkat ke Tarakan untuk mengambil sumber daya alam. Setelah itu para penjajah Jepang yang itu juga sudh menduduki sebuah wilayah lain yang berada di Indonesia. Yaitu di Pontianak pada tanggal 29 Januari sejak tahun 1942. Di kota Samarinda dan sudah juga berada kepada tanggal 3 Februari. Tahun 1942, Lalu itu sebab Banjarmasin pada tanggal 10 Februari berada sekitar tahun 1942.

Sejarah Masa Penjajahan Jepang Di Indonesia

Pendudukan Jepang kemudian menyebar ke Pulau Jawa. Jepang berhasil menguasai Batavia dan seluruh Pulau Jawa yang kemudian membuat Belanda menyerah tanpa syarat pada tanggal 8 Maret 1942. Belanda menyatakan menyerah kepada Jepang dalam perundingan yang berlangsung di rumah dinas seorang perwira di kawasan Landasan Udara Kalijati, Subang. .

Jepang pun membentuk berbagai organisasi dan gerakan untuk menarik simpati masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah Gerakan Three A (3A) yaitu Nippon Protector of Asia. Nippon Leader of Asia, dan Nippon Light of Asia. Meski begitu, lambat laun bangsa Indonesia menyadari bahwa pendudukan Jepang tak lain adalah kolonialisme yang kejam.

Selama 3,5 tahun menduduki Indonesia, Jepang membawa banyak perubahan terhadap kehidupan masyarakat adat. Jepang dikenal sebagai penjajah yang kejam karena melakukan kerja paksa atau romusha, menyiksa dan membuat rakyat Indonesia kelaparan dan sengsara.

Baca Selengkapnya…… Sejarah Asal Usul Teori Out Of taiwan Dan Kebudayaan

You May Also Like

More From Author