Sejarah Asal Usul Makam Baqi Di Madinah Para Sahabat Nabi

Estimated read time 2 min read

Sejarah Asal Usul Makam Baqi merupakan kompleks pemakaman Islam yang terletak di kota Madinah, Arab Saudi. Pemakaman ini memiliki sejarah yang panjang dan kaya akan makna bagi umat Islam di seluruh dunia. Dan adanya Menurut catatan sejarah yang di baca karena ada makam Baqi sudah ada sejak pada zaman Jahiliyah.

Di tempat ini para sahabat dan keluarga Nabi Muhammad SAW dimakamkan. Setidaknya 10.000 sahabat dan keluarga Nabi dimakamkan di Baqi, termasuk para syuhada yang syahid pada Perang Badar dan Perang Uhud. Istri-istri Nabi Muhammad SAW juga dimakamkan di pemakaman Baqi, kecuali Khadijah RA yang dimakamkan di pemakaman Ma’la di Mekkah. Sejumlah ulama besar Islam juga dimakamkan di Baqi.

Selain itu, jemaah haji dan umrah yang meninggal di Madinah juga dimakamkan di pemakaman Baqi. Bahkan tak sedikit jamaah haji dan umrah yang berharap bisa meninggal di Madinah. Shalat di Masjid Nabawi, dan kemudian dimakamkan di Baqi.

Sejarah Asal Usul Makam Baqi Sahabat Nabi

Hal ini dikarenakan Nabi Muhammad SAW akn memberikan syafaat bagi mereka yang meninggal di Madinah. Sebagaimana disebutkan Nabi Muhammad SAW dalam hadisnya. Semasa hidupnya, seorang Rasulullah SAW itu sudah secara khusus. Dan telah mendoakan dan memohon agar keselamatan serta ampunan kepada orang-orang yang dimakamkan di Baqi.

Hal ini dikarenakan seorang Nabi Muhammad SAW yang akan memberikan syafaat kepada orang lain. Bagi mereka yang sudah meninggal itu berada di Madinah, lalu sebagaimana mungkin. Itu sering disebutkan seorang Nabi Muhammad SAW dalam hadisnya.

Dalam sejarah, perluasan makam Baqi pertama kali dilakukan oleh Muawiyah Ialu dia juga pernah memasukkan kuburan besar. Yahudi berada di dalam area pemakaman Baqi. Kekhalifahan Bani Umayyah juga membangun kubah pertama di pemakaman Baqi di atas makam Khalifah Utsman bin Affan.

Baca Selengkapnya……Sejarah Asal Usul Masa Pendudukan Jepang Di Indonesia

You May Also Like

More From Author