Menara Elizabeth “Big Ben”

Estimated read time 3 min read

Menara Elizabeth adalah menara jam Istana Westminster di London, Inggris. Ini berisi Jam Besar, jam yang mencolok dengan lima lonceng. Menara ini dijuluki “Big Ben“, yang awalnya merupakan julukan untuk lonceng terbesar (bernama Lonceng Besar). Tower ini secara resmi disebut Menara Jam hingga tahun 2012, ketika diubah namanya untuk menandai Diamond Jubilee of Elizabeth II.

Menara ini dirancang oleh Augustus Pugin dengan gaya Kebangkitan Gotik Tegak Lurus dan selesai dibangun pada tahun 1859. Meenara ini didekorasi dengan rumit dan mencakup simbol-simbol yang berhubungan dengan empat negara di Britania Raya, dinasti Tudor, dan prasasti Latin untuk Ratu Victoria. Menara ini berdiri setinggi 316 kaki (96 m), dan pendakian dari permukaan tanah ke menara tempat lonceng bergantung adalah 334 langkah. Basisnya berbentuk persegi, berukuran 40 kaki (12 m) di setiap sisinya. Pelat jam berdiameter 22,5 kaki (6,9 m).

BACA JUGA : Batu Rosetta Dengan Tulisan Sejarah Mesir Kuno

Jam ini menggunakan mekanisme aslinya dan merupakan jam berdentang dan bermuka empat terbesar dan paling akurat di dunia setelah selesai dibangun. Ini dirancang oleh Edmund Beckett Denison dan George Airy, Astronomer Royal, dan dibangun oleh Edward John Dent dan Frederick Dent. Ia dikenal karena keandalannya, dan dapat disesuaikan dengan menambahkan atau menghilangkan uang sebelum desimal dari pendulum. Lonceng Besar dibuat oleh Whitechapel Bell Foundry dan memiliki berat 13,5 ton panjang (13,7 ton; 15,1 ton pendek). Nama panggilannya mungkin berasal dari Sir Benjamin Hall, yang mengawasi pemasangannya, atau juara tinju kelas berat Benjamin Caunt. Ada empat bel seperempat, yang berbunyi pada seperempat jam.

Elizabeth Tower adalah ikon budaya Inggris. Ini adalah salah satu simbol paling menonjol dari Britania Raya dan demokrasi parlementer, dan sering digunakan dalam pengambilan gambar film yang berlatar di London. Menara jam telah menjadi bagian dari bangunan terdaftar Kelas I sejak tahun 1970 dan Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1987. Kain tersebut diperbaiki dan direnovasi antara tahun 2017 dan 2021, di mana loncengnya tetap tidak bersuara dengan beberapa pengecualian.

Sejarah Berdirinya Menara Elizabeth

Menara Elizabeth, awalnya bernama Menara Jam, dan dikenal sebagai “Big Ben”. Dibangun sebagai bagian dari desain Istana Westminster baru oleh Charles Barry setelah istana lama sebagian besar hancur akibat kebakaran pada 16 Oktober 1834. Meskipun Barry adalah kepala arsitek istana neo-gotik, ia beralih ke Augustus Pugin untuk desain Menara Jam. Yang menyerupai desain Pugin sebelumnya, termasuk satu untuk Scarisbrick Hall di Lancashire. Pembangunan menara dimulai pada 28 September 1843. Kontraktor bangunannya adalah Thomas Grissell dan Morton Peto. Sekop bertulis di Arsip Parlemen mencatat bahwa Emily, saudara perempuan menantu Peto, diberi kehormatan untuk meletakkan batu pertama. Itu adalah desain terakhir Pugin sebelum dia mengalami penyakit mental dan kematian pada tahun 1852, dan Pugin sendiri menulis. Pada saat kunjungan terakhir Barry kepadanya untuk mengumpulkan gambar-gambar tersebut: “Saya tidak pernah bekerja begitu keras dalam hidup saya untuk Tuan Barry untuk besok. Saya berikan semua desain saya untuk menyelesaikan menara loncengnya dan itu indah”.

You May Also Like

More From Author