Machu Picchu, Benteng di Atas Lembah Suci

Estimated read time 2 min read

Machu Picchu adalah benteng Inca abad ke-15 yang terletak di Cordillera Timur di Peru selatan di punggung gunung setinggi 2.430 meter (7.970 kaki). Sering disebut sebagai “Kota Inca yang Hilang”, ini adalah ikon Kekaisaran Inca yang paling dikenal. Terletak di Distrik Machupicchu di Provinsi Urubamba di atas Lembah Suci, yang berjarak 80 kilometer (50 mil) barat laut Cusco. Sungai Urubamba mengalir melewatinya, memotong Cordillera dan menciptakan ngarai dengan iklim pegunungan tropis.

Peradaban Inca tidak memiliki bahasa tertulis dan setelah pertemuan pertama oleh tentara Spanyol Baltasar Ocampo, tercatat tidak ada orang Eropa yang mengunjungi situs tersebut dari akhir abad ke-16 hingga abad ke-19. Sejauh pengetahuan sejarah, tidak ada catatan tertulis yang merinci situs tersebut selama periode penggunaan aktifnya. Nama-nama bangunan, kegunaannya, dan penghuninya, merupakan produk arkeolog modern berdasarkan bukti fisik, termasuk makam di situs tersebut. Machu Picchu dibangun dengan gaya klasik Inca, dengan dinding batu kering yang dipoles.

Tiga bangunan utamanya adalah Intihuatana, Kuil Matahari, dan Kuil Tiga Jendela. Sebagian besar bangunan terpencil telah direkonstruksi untuk memberikan pengunjung gambaran yang lebih baik tentang bagaimana awalnya muncul. Pada tahun 1976, 30 persen Machu Picchu telah dipugar dan restorasi terus berlanjut. Para arkeolog terkini percaya bahwa Machu Picchu dibangun sebagai perkebunan kaisar Inca Pachacuti (1438–1472). Suku Inca membangun perkebunan ini sekitar tahun 1450 tetapi meninggalkannya satu abad kemudian, pada saat penaklukan Spanyol. Menurut penanggalan radiokarbon AMS yang baru, wilayah tersebut ditempati dari c. 1420–1532. Penelitian sejarah yang diterbitkan pada tahun 2022 mengklaim bahwa situs tersebut mungkin disebut Huayna Picchu oleh masyarakat Inca sendiri, karena lokasi tersebut berada di puncak yang lebih kecil dengan nama yang sama.

BACA JUGA : Colosseum Bangunan Paling Bersejarah di Roma

Machu Picchu dinyatakan sebagai Suaka Bersejarah Peru pada tahun 1982 dan Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1983. Pada tahun 2007, Machu Picchu terpilih sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia Baru dalam jajak pendapat internet di seluruh dunia.

You May Also Like

More From Author