Piramida Agung Giza Makam Firaun Khufu

Estimated read time 2 min read

Piramida Agung Giza adalah piiramida Mesir terbesar dan berfungsi sebagai makam firaun Khufu, yang memerintah pada Dinasti Keempat Kerajaan Lama. Dibangun pada awal abad ke-26 SM, dalam jangka waktu sekitar 27 tahun, piramida ini adalah yang tertua dari Tujuh Keajaiban Dunia Kuno, dan satu-satunya keajaiban yang sebagian besar masih utuh. Ini adalah monumen paling terkenal dari kompleks piramida Giza, yang merupakan bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO “Memphis dan Necropolisnya”. Letaknya di ujung utara garis tiga piramida di Giza.

Awalnya berdiri setinggi 146,6 meter (481 kaki). Piramida Besar adalah struktur buatan manusia tertinggi di dunia selama lebih dari 3.800 tahun. Seiring waktu, sebagian besar lapisan batu kapur putih halus telah dihilangkan, yang menurunkan ketinggian piramida menjadi 138,5 meter (454,4 kaki) saat ini. Apa yang terlihat saat ini adalah struktur inti yang mendasarinya. Dasarnya diukur berukuran sekitar 230,3 meter (755,6 kaki) persegi. Pemberikan volume sekitar 2,6 juta meter kubik (92 juta kaki kubik), yang mencakup bukit kecil di dalamnya. Dimensi piramida adalah tinggi 280 hasta kerajaan (146,7 m; 481,4 kaki), panjang alas 440 hasta (230,6 m; 756,4 kaki), dengan seked 5+1/2 telapak tangan (kemiringan 51°50’40”).

Piramida Agung Giza Besar dibangun dengan menambang sekitar 2,3 juta blok besar dengan berat total 6 juta ton. Mayoritas batu-batu tersebut tidak seragam dalam ukuran atau bentuk, dan hanya diberi hiasan kasar. Lapisan luarnya diikat dengan mortar. Terutama batu kapur lokal dari Dataran Tinggi Giza digunakan untuk konstruksinya. Balok-balok lainnya diimpor dengan perahu di Sungai Nil: batu kapur putih dari Tura untuk selubungnya, dan balok-balok granit dari Aswan, yang beratnya mencapai 80 ton, untuk struktur “Kamar Raja”.

BACA JUGA : Machu Picchu, Benteng di Atas Lembah Suci

Ada tiga ruangan yang diketahui di dalam Piramida Besar. Bagian terendah dipotong menjadi batuan dasar, tempat piramida dibangun, tetapi masih belum selesai. Yang disebut Kamar Ratu dan Kamar Raja, yang berisi sarkofagus granit, berada di atas tanah, di dalam struktur piramida. Hemiunu, wazir Khufu, diyakini oleh beberapa orang sebagai arsitek Piramida Besar. Banyak hipotesis ilmiah dan alternatif yang berbeda-beda mencoba menjelaskan teknik konstruksi yang tepat.

Kompleks pemakaman di sekitar piramida terdiri dari dua kuil kamar mayat yang dihubungkan oleh jalan lintas (satu di dekat piramida dan satu lagi di dekat Sungai Nil). Makam untuk keluarga dekat dan istana Khufu. Termasuk tiga piramida kecil untuk istri Khufu; sebuah “piramida satelit” yang lebih kecil; dan lima tongkang tenaga surya yang terkubur.

Di dekat piramida ditemukan bejana keramik kebudayaan Maadi dari Milenium Keempat SM. Yang diduga merupakan sisa-sisa pemukiman sebelumnya di daerah tersebut.

You May Also Like

More From Author