Sejarah Asal Usul Kelahiran Seorang Yang Bernama Jong Java

Estimated read time 2 min read

Jong Java merupakan salah satu organisasi pemuda yang berpengaruh pada masanya. Sejarah lahirnya Jong Java tak lepas dari perjuangan pemuda mewujudkan Sumpah Pemuda. Organisasi ini diresmikan di Gedung Budi Utomo atas prakarsa Dr Satiman Wirjosandjojo. Salah satu tujuan didirikannya organisasi Jong Java adalah sebagai wadah pembinaan calon-calon pemuda nasional.

Didasari oleh keinginan untuk menjaga persatuan antar suku, Jong Java menjalani enam kongres hingga akhirnya mengalami perubahan tujuan organisasi. Untuk lebih jelasnya simak ulasan sejarah lahirnya Jong Java berikut ini. Organisasi yang didirikan pada 7 Maret 1915 ini hadir sebagai wadah pembinaan pemuda nasional. Pasalnya, keterampilan generasi muda di Indonesia saat itu belum terasah.

Selain itu, organisasi ini juga bertujuan untuk menghimpun budaya Jawa dan mempererat persaudaraan antaretnis. Satiman kini juga telah menjadi seorang ketua Jong Java dan wakilnya yang disebut Wongsonegoro, sekretaris Sutomo lalu serta seorang anggota. Muslich, Mosodo yang bernama Abdul Rahman. Banyak remaja SMA dari Jawa Tengah dan Jawa Timur yang menjadi anggota organisasi ini. Hal ini menyebabkan generasi muda Jawa Barat (Sunda) dan Madura menganggap pergaulan tersebut terlalu sempit.

Jong Java mengadakan kongresnya yang kedua pada tahun 1919 di Yogyakarta dengan agenda sebagai berikut:

*milisi untuk bangsa Indonesia,
*mengubah bahasa jawa menjadi lebih demokratis,
*Kampus,
*kedudukan wanita sunda,
*sejarah tanah sunda, dan
*makna pendirian bangsa jawa dalam pergerakan rakyat.

Pada Kongres Jong Java tahun 1926 di Solo diputuskan untuk mengubah tujuan perkumpulan. Dalam sebuah Organisasi ini akan adanya pertanyaan berupaya menumbuhkan rasa persatuan Indonesia. Dan keanggotaan dengan seluruh lapisan bangsa yang berada di Indonesia. Dan untuk menjalin lalu bekerja sama dengan perkumpulan para pemuda lainnya. Lalu adanya seorang Ketuanya saat itu juga bisa adalah yang bernama RT Djaksodipuro dan RT Wongsonegoro. Yang juga berada di dalam sebuah anggota Persatuan pembelajaran di Indonesia. Dan pada saat ini Tokoh lainnya adalah seorang Koentjoro, Mawardi tersebut.

Baca Selengkapnya….. Sejarah Asal Usul Adanya Kota Banyuwangi Dan Blambangan

You May Also Like

More From Author