Sejarah Asal Usul Dengan Adanya Suku Betawi Di Jakarta

Estimated read time 2 min read

Sejarah Asal Usul Mengenai Suku Betawi yang merupakan salah satu suku bangsa dan berada di Indonesia. Yang mempunyai hubungan antara suku dengan suku Jawa, Melayu, dengan suku Sunda. Umumnya masyarakat Betawi tinggal di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Betawi sendiri pertama kali muncul pada abad ke-18 sebagai komunitas sejumlah etnis yang tinggal di Batavia (sekarang Jakarta).

Ada beberapa versi mengenai asal usul kata Betawi. Salah satunya dari nama lama Jakarta, Batavia. Nama Betawi berasal dari kata Batavia yang seiring berjalannya waktu berubah menjadi Batavi, kemudian berubah menjadi Betawi. Pengucapan bahasa Betawi sendiri disesuaikan dengan lidah masyarakat setempat yang kesulitan mengucapkan kata Batavi. Secara historis, sebuah suku Betawi yang sudah lahir karena dengan adanya percampuran genetik. Atau sebuah akulturasi budaya antara dari masyarakat yang tinggal di Batavia.

Pada abad ke-2, dengan wilayah Jakarta dan berada di sekitarnya masih saja termasuk dalam wilayah Kerajaan Salakanagara. Biasa sering disebut atau Holoan yang terletak berada di kaki Gunung Salak, Bogor, berada di kota Jawa Barat. Pasalnya, masyarakat asli Betawi merupakan masyarakat Kerajaan Salakanagara. Kemudian pada akhir abad ke-5 berdirilah Kerajaan Hindu Tarumanegara di tepian Sungai Citarum yang dipandang sebagai kelanjutan Kerajaan Salakanagara.

Selain itu, ada beberapa versi lain yang menjelaskan asal usul nama Betawi, yaitu:

*Pitawi, berasal dari bahasa Melayu-Polinesia kuno yang berarti larangan.

*Betawi, berasal dari bahasa Melayu Brunei yang biasa menyebut giwang

*Flora Guling Betawi, sejenis tanaman perdu yang kayunya berbentuk bulat seperti guling. Dahulu kayu ini digunakan untuk membuat gagang sejenis keris atau gagang pisau.

Oleh karena itu, banyak pemuda Betawi yang bergabung dengan Jong Java dan Sekar Rukun, karena bersekutu. Namun seiring berjalannya waktu masyarakat Betawi merasa perlu mempunyai tempat tersendiri, khususnya bagi generasi muda Betawi. Oleh karena itu, dibentuklah organisasi Pemoeda Kaoem Betawi yang dipimpin oleh Mohammad Tabrani pada tahun 1927. Meski nama organisasi ini mengusung nama Betawi, namun banyak anggota dan pengurusnya yang bukan penduduk asli Betawi.

Baca Selengkapnya….. Sejarah Asal Usul Kelahiran Seorang Yang Bernama Jong Java

You May Also Like

More From Author