Sejarah Asal Usul Adanya Kota Banyuwangi Dan Blambangan

Estimated read time 2 min read

Sejarah Asal Usul Banyuwangi merupakan nama kabupaten yang terletak di ujung paling timur Provinsi Jawa Timur. Kawasan yang berbatasan langsung dengan Selat Bali ini memiliki pemandangan alam yang indah dan menjadi daya tarik wisata.

Dengan dinamakan Sejarah Asal usul nama Banyuwangi dapat kita telusuri dari Legenda yang bernama Sri Tanjung. Konon dahulu kala ujung timur Pulau Jawa diperintah oleh seorang raja bernama Prabu Sulahkromo. Dalam menjalankan pemerintahannya, raja dibantu oleh Patih Sidopekso yang mempunyai seorang istri cantik bernama Sri Tanjung.

Prabu Sulahkromo terpikat oleh kecantikan Sri Tanjung, dan seketika itu juga muncullah ide licik untuk memerintahkan Patih Sidopekso. Melaksanakan tugas yang mustahil dilakukan manusia biasa. Saat Patih Sidopekso menjalankan tugasnya, Prabu Sulahkromo berusaha merayu Sri Tanjung, namun tidak berhasil.

Sejarah Asal Usul Kota Banyuwangi Dan Kerajaan Blambangan

Asal usul Sejarah yang bernama Kota Banyuwangi ini juga sudah tidak lepas dari sejarah Kerajaan. Blambangan yang telah 0 dipimpin oleh seorang Pangeran Tawang Alun. Saat itu, secara administratif VOC menganggap Blambangan merupakan bagian dari wilayahnya. Hal ini didasarkan pada penyerahan kendali atas Jawa Timur oleh Pakubuwono II kepada VOC.

Namun VOC tidak pernah benar-benar menunjukkan penguasaannya atas Blambangan hingga akhir abad ke-17. Ketika pemerintah Inggris mulai menjalin hubungan dagang dengan Blambangan, VOC segera bergerak mengamankan kekuasaannya.
Hal ini kemudian telah memicu terjadinya suatu pertempuran yang besar di antara pasukan Blambangan. Dengan pasukan VOC dan kemudian sudah dikenal dengan nama peristiwa Puputan Bayu.

Dalam Puputan Bayu yang terjadi pada tanggal 18 Desember 1771, Blambangan berusaha keras melepaskan diri dari VOC. Namun pada akhirnya Kerajaan Blambangan runtuh setelah VOC meraih kemenangan. VOC kemudian mengangkat R Wiroguno I (Mas Alit) sebagai bupati pertama Banyuwangi. Setelah itu pada tanggal 18 Desember 1771 sudah ditetapkan sebagai hari jadi kota Banyuwangi tersebut.

Baca Selengkapnya….. Sejarah Asal Usul Pemakaman Desa Trunyan Yang Terpopuler

You May Also Like

More From Author