Mengenal Candi Borobudur, Candi Terbesar diDunia

Estimated read time 2 min read

Candi Borobudur, juga ditranskripsikan Barabudur (Bahasa Indonesia: Candi Borobudur, Jawa: ꦕꦤ꧀ꦝꦶꦸꦫꦸꦝꦸꦂ, diromanisasi: Candhi Barabudhur). Merupakan sebuah candi Budha Mahayana abad ke-9 di Kabupaten Magelang, tidak jauh dari kota Magelang dan kota Muntilan, di Jawa Tengah, Indonesia

Dibangun dari batu andesit abu-abu, candi ini terdiri dari sembilan platform bertumpuk. Enam persegi dan tiga lingkaran, di atasnya terdapat kubah tengah. Dihiasi dengan 2.672 panel relief dan awalnya 504 patung Buddha. Kubah tengah dikelilingi oleh 72 patung Buddha, masing-masing ditempatkan di dalam stupa berlubang. Monumen ini memandu peziarah melalui sistem tangga dan koridor yang luas dengan 1.460 panel relief naratif di dinding dan langkan. Borobudur memiliki salah satu koleksi relief Buddha terlengkap di dunia.

BACA JUGA : Asal Usul Canti Prambanan Yang Bersejarah

Dibangun pada masa pemerintahan Dinasti Sailendra. Desain candi mengikuti arsitektur Buddha Jawa, yang memadukan tradisi pemujaan leluhur asli Indonesia dan konsep Buddha untuk mencapai nirvāṇa. Monumen ini merupakan kuil Buddha dan tempat ziarah umat Buddha. Bukti menunjukkan bahwa Borobudur dibangun pada abad ke-8 dan kemudian ditinggalkan setelah runtuhnya kerajaan Hindu di Jawa pada abad ke-14 dan masuknya orang Jawa ke Islam.

Pengetahuan dunia mengenai keberadaannya dipicu pada tahun 1814 oleh Sir Thomas Stamford Raffles. Penguasa Inggris di Jawa, yang diberitahu mengenai lokasinya oleh penduduk asli Indonesia. Borobudur telah dilestarikan melalui beberapa restorasi. Proyek restorasi terbesar selesai pada tahun 1983 oleh pemerintah Indonesia dan UNESCO. Yang diikuti dengan pencatatan monumen tersebut sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Candi Borobudur adalah candi Budha terbesar di dunia, dan sejajar dengan Bagan di Myanmar dan Angkor Wat di Kamboja sebagai salah satu situs arkeologi terbesar di Asia Tenggara. Borobudur tetap populer untuk ziarah, dan umat Buddha di Indonesia merayakan Hari Waisak di monumen tersebut. Di antara tempat wisata di Indonesia, Borobudur adalah monumen yang paling banyak dikunjungi.

You May Also Like

More From Author