Keunikan El Castillo, Kuil Suci Dewa Ular Kukulcán

Estimated read time 2 min read

El Castillo dikenal sebagai Kuil Kukulcan adalah sebuah piramida bertingkat. Mesoamerika yang mendominasi pusat situs arkeologi Chichen Itza di negara bagian Yucatán, Meksiko. . Bangunan candi ini lebih formal ditetapkan oleh para arkeolog sebagai Struktur Chichen Itza 5B18.

Dibangun oleh peradaban Maya pra-Columbus antara abad ke-8 dan ke-12 M, bangunan ini berfungsi sebagai kuil untuk dewa Kukulcán. Dewa Ular Berbulu Maya Yucatec yang berkerabat dekat dengan Quetzalcoatl. Dewa yang dikenal oleh suku Aztec dan budaya Meksiko tengah lainnya,Dari periode Pascaklasik. Ia memiliki substruktur yang kemungkinan besar dibangun beberapa abad sebelumnya untuk tujuan yang sama.

Candi El Castillo ini terdiri dari serangkaian teras berbentuk bujur sangkar dengan tangga menaiki masing-masing keempat sisinya hingga candi di atasnya. Patung-patung ular berbulu menghiasi sisi langkan utara. Sekitar ekuinoks musim semi dan musim gugur, matahari sore menyinari sudut barat laut candi dan menimbulkan serangkaian bayangan segitiga di langkan barat laut, menciptakan ilusi ular berbulu yang “merangkak” ke bawah candi. Bagi pengunjung masa kini, peristiwa ini sangat populer dan disaksikan oleh ribuan orang pada ekuinoks musim semi. Namun tidak diketahui apakah fenomena tersebut merupakan hasil rancangan yang disengaja karena efek cahaya dan bayangan dapat diamati tanpa perubahan besar selama beberapa minggu dekat ekuinoks.

BACA JUGA : Mengenal Suku Aborigin Asli Autralia Yang

Penelitian ilmiah yang dilakukan sejak tahun 1998 menunjukkan bahwa kuil tersebut meniru suara kicauan burung quetzal ketika manusia bertepuk tangan di sekitarnya. Para peneliti berpendapat bahwa fenomena ini bukanlah suatu kebetulan. Bahwa para pembangun candi ini merasa mendapat pahala ilahi dari efek gema dari struktur ini. Secara teknis, suara tepuk tangan terdengar dan tersebar di tangga batu kapur candi yang tinggi dan sempit. Menghasilkan nada seperti kicauan yang frekuensinya menurun.

Keempat sisi candi mempunyai kurang lebih 91 anak tangga yang jika dijumlahkan dan memasukkan pelataran candi di atasnya sebagai “anak tangga” terakhir. Maka akan dihasilkan total 365 anak tangga (anak tangga di sisi selatan candi terkikis). Jumlah tersebut sama dengan jumlah hari dalam tahun Haab’ dan kemungkinan besar berkaitan dengan ritual.

Strukturnya setinggi 24 m (79 kaki), ditambah tambahan 6 m (20 kaki) untuk candi di puncaknya. Basis persegi berukuran lebar 55,3 m (181 kaki).

You May Also Like

More From Author