Mengenal Suku Aborigin Asli Australia Yang Tergusur

Estimated read time 3 min read

Aborigin Australia adalah masyarakat adat di daratan Australia dan banyak pulau di dalamnya. Mamun tidak termasuk masyarakat yang berbeda etnis di Kepulauan Selat Torres. Istilah “Pribumi Australia” diterapkan pada penduduk Aborigin Australia dan Penduduk Pribumi Selat Torres secara kolektif.

Orang-orang pertama kali bermigrasi ke Australia setidaknya 65.000 tahun yang lalu dan membentuk sebanyak 500 kelompok berbasis bahasa. Mereka mempunyai sejarah genetika yang kompleks dan luas, namun baru dalam 200 tahun terakhir mereka didefinisikan sebagai, dan mulai mengidentifikasi diri sebagai, satu kelompok. Identitas Aborigin telah berubah seiring berjalannya waktu dan tempat, dengan garis keturunan keluarga. Identifikasi diri, dan penerimaan komunitas, semuanya memiliki arti yang berbeda-beda.

Suku Aborigin Australia memiliki beragam praktik budaya dan kepercayaan yang membentuk budaya tertua yang masih ada di dunia. Pada masa penjajahan Eropa di Australia, mereka terdiri dari masyarakat budaya yang kompleks dengan lebih dari 250 bahasa. Dan berbagai tingkat teknologi dan pemukiman. Bahasa (atau dialek) dan kelompok masyarakat yang terkait dengan bahasa saling berhubungan dalam jangka waktu yang lama. wilayah yang dikenal sebagai “Negara”, yang dengannya mereka memiliki hubungan spiritual yang mendalam. Selama berabad-abad, masyarakat Aborigin mengembangkan jaringan perdagangan yang kompleks, hubungan antar budaya, hukum dan agama.

BACA JUGA : Mengenal Suku Asmat dan Karya Seninya

Kepercayaan Aborigin kontemporer merupakan campuran yang kompleks, berbeda-beda menurut wilayah dan individu di seluruh benua. Hal ini dibentuk oleh kepercayaan tradisional, gangguan penjajahan, agama yang dibawa ke benua ini oleh orang Eropa, dan isu-isu kontemporer. Keyakinan budaya tradisional diturunkan dan dibagikan melalui tarian, cerita, alur lagu, dan seni yang secara kolektif menjalin ontologi kehidupan modern sehari-hari dan ciptaan kuno yang dikenal sebagai Bermimpi.

Di masa lalu, masyarakat Aboriigin tinggal di sebagian besar landas kontinen dan terisolasi di banyak pulau kecil di lepas pantai dan Tasmania ketika daratan tersebut tergenang pada awal periode antar-glasial Holosen, sekitar 11.700 tahun yang lalu. Meskipun demikian, masyarakat Aborigin memelihara jaringan yang luas di benua tersebut dan kelompok-kelompok tertentu memelihara hubungan dengan penduduk Kepulauan Selat Torres dan masyarakat Makassar di Indonesia modern. Studi mengenai susunan genetik kelompok Aborigin masih terus dilakukan. Namun bukti menunjukkan bahwa mereka mempunyai warisan genetik dari orang-orang Asia kuno namun tidak dari masyarakat yang lebih modern. Dan memiliki beberapa kesamaan dengan orang Papua, namun telah terisolasi dari Asia Tenggara untuk waktu yang sangat lama.

Pada sensus tahun 2021, Penduduk Asli Australia mencakup 3,8% populasi di Australia.

Kebanyakan orang Aborigin saat ini berbicara bahasa Inggris dan tinggal di kota, dan beberapa mungkin menggunakan frasa dan kata Aborigin dalam bahasa. Inggris Aborigin Australia (yang juga memiliki pengaruh nyata bahasa Aborigin dalam fonologi dan struktur tata bahasa). Banyak, namun tidak semua, juga berbicara bahasa tradisional.

Masyarakat Aborigin, bersama dengan penduduk Kepulauan Selat Torres. Mempunyai sejumlah masalah kesehatan dan ekonomi yang parah dibandingkan dengan masyarakat Australia pada umumnya.

You May Also Like

More From Author