Sejarah dan Asal Usul Piramida yang Terletak di Mesir

Estimated read time 2 min read

Piramida Mesir memesona para pelancong dan penakluk di zaman kuno dan terus menimbulkan rasa takjub pada para wisatawan, matematikawan. Dan arkeolog yang mengunjungi, menjelajahi, mengukur, dan mendeskripsikannya.

Makam raja-raja Mesir awal berbentuk gundukan bangku yang disebut mastabas. Sekitar tahun 2780 SM, arsitek Raja Djoser, Imhotep, membangun piramida pertama dengan menempatkan enam mastaba.

Masing-masing lebih kecil dari yang di bawahnya, dalam tumpukan untuk membentuk piramida yang bertingkat. Piramida Bertingkat ini berdiri di tepi barat Sungai Nil di Sakkara dekat Memphis. Seperti piramida selanjutnya, di dalamnya terdapat berbagai ruangan dan lorong, termasuk ruang pemakaman raja.

Transisi dari Piramida Bertingkat ke piramida sejati dengan sisi mulus terjadi pada masa pemerintahan Raja Snefru, pendiri Dinasti Keempat (2680–2560 SM). Di Medum dibangun piramida berundak, kemudian diisi dengan batu, dan ditutup dengan selubung batu kapur.

Di dekat Bahshur, konstruksi dimulai pada sebuah piramida yang tampaknya direncanakan memiliki sisi yang mulus. Namun, sekitar setengah jalan ke atas, sudut kemiringan menurun dari lebih dari 51 derajat menjadi sekitar 43 derajat.

Dan sisi-sisinya tidak terlalu curam, sehingga dikenal sebagai Piramida Bengkok. Perubahan sudut mungkin dilakukan selama konstruksi untuk memberikan stabilitas lebih pada bangunan. Piramida besar lainnya dibangun di Dahshur dengan sisi-sisinya menjulang pada sudut lebih dari 43 derajat, menghasilkan piramida yang sebenarnya namun tampak jongkok.

Asal Usul Penemuan Piramida Mesir

Piramida Mesir paling awal yang diketahui ditemukan di Saqqara, barat laut Memphis, meskipun setidaknya satu struktur mirip piramida bertingkat telah ditemukan di Saqqara, berasal dari Dinasti Pertama: Mastaba 3808.

Yang dikaitkan dengan pemerintahan Firaun Anedjib, dengan prasasti, dan peninggalan arkeologi lainnya pada periode tersebut, menunjukkan mungkin ada prasasti lain. Yang paling awal di antaranya adalah Piramida Djoser yang dibangun c. 2630–2610 SM pada masa Dinasti Ketiga.

Piramida ini dan kompleks di sekitarnya umumnya dianggap sebagai struktur monumental tertua di dunia yang dibangun dari pasangan bata. Piramida Mesir yang paling terkenal adalah yang ditemukan di Giza, di pinggiran Kairo. Beberapa piramida Giza termasuk di antara struktur terbesar yang pernah dibangun.

Baca Juga : Sejarah dan Awal Mula Pembuatan Candi Prambanan

You May Also Like

More From Author