Sejarah Asal Usul Pendekatan Untuk Konflik Papua

Estimated read time 2 min read

Sejarah asal usul dalam sejarah Indonesia dimana penulisan sejarah Papua tidak mendapat tempat. Pembahasan Posri tidak berimbang, karena kebanyakan membahas tentang Jawa. Padahal merupakan satu kesatuan sejarah yang utuh. Papua layak mendapat tempat dalam sejarah. Anak-anak Papua lebih paham tentang sejarah Majapahit, Sriwijayam dan sejarah lain yang ada di Papua.

Padahal mereka sendiri tahu sejarah Papua, tapi mereka sudah buta, kata Bernarda Materay. penulis buku Nasionalisme Ganda Masyarakat Papua. Yang sedang mengikuti seminar di Universitas Indonesia. 24 September 2013. Dalam bukunya, Bernarda membahas tentang nasionalisme Indonesia dan Papua.

Penting sekali sejarah Papua diangkat ke permukaan bersama sejarah daerah lain di Indonesia. Perlunya rekonstruksi sejarah Papua sangat diperlukan agar generasi muda dapat mengetahui masa lalunya dan tidak kehilangan jati diri. Buruknya sejarah Papua ini membuat masyarakat Papua kebingungan.

Sejarah Asal Usul Dengan Adanya Konflik Papua

Mereka merasa tidak mengetahui masa lalunya. Bernarda pernah mendapat komentar dari elite kepausan yang mengatakan bahwa sejarah kita tidak pernah ditulis. Kita mempunyai masa lalu yang sudah terpotong-potong, sehingga kita bingung akan seperti apa masa lalu kita di masa depan.


Sejarah Papua akan menjadi acuan dasar bagi pemerintah daerah maupun daerah yang mencari dan menentukan cara. Yang tepat dan bermartabat dalam mengeluarkan setiap kebijakan pembangunan masyarakat Papua guna memperkuat integrasi Indonesia. Jika kita memahami sejarah, kita tidak akan memberikan penafsiran yang salah.

Baca Selengkapnya…………..Sejarah Asal Usul Adanya Festival San Sejak ABad Ke 14

You May Also Like

More From Author