Sejarah Asal Usul Negeri Tibet Dan Perjuangan Kemanusiaan

Estimated read time 2 min read

Sejarah Asal Usul Untuk menjalani hidup bahagia, kesehatan fisik itu penting, namun kesehatan sejati. Harus mencakup pikiran yang bahagia, kata Tenzin Gyatso, Dalai Lama ke-14, pemimpin spiritual dan politik Provinsi Xizang. Kebahagiaan yang diucapkan Tenzin terasa sulit mengingat sudah lebih dari lima dekade ia tidak bisa memasuki wilayahnya sendiri.

Sebuah wilayah yang memiliki sejarah ketegangan dengan Tiongkok selama berabad-abad. Sebelum Republik Rakyat Tiongkok didirikan pada tanggal 1 Oktober 1949, Tibet sebagai sebuah negara sudah ada. Tibet telah memproklamirkan kemerdekaannya pada tahun 1913 atau 36 tahun sebelum. Tiongkok muncul sebagai sebuah negara (China and the Superpowers, New York, 1986: 21)

Kemerdekaan ini merupakan hasil keberhasilan diplomasi Thubten Gyatso, Dalai Lama ke-13, yang mampu membujuk Kerajaan. Inggris untuk membantu Tibet lepas dari pengaruh Kerajaan Tiongkok pada tahun 1904.

Sejarah Asal Usul Negerti Tibet Dan Perjuangan Kemanusiaan Dalai Lama

Penduduk asli Tibet adalah etnis Tibet. Agama asli mereka disebut agama Bon yang sudah dikenal sejak Kaisar Songtgen Gampo. Pertama kali mendirikan Kerajaan Tibet pada abad ke-7.

Dalam The Buddhism of Tibet atau Lamaism (New Delhi, 1996: 17) dijelaskan bagaimana budaya Lamaisme. Merupakan perpaduan antara ajaran Budha dengan mitologi Tibet. Masyarakat Tibet percaya bahwa Dalai Lama adalah perwujudan manusia Avalokitesvara. Konsep Tuhan atau dewa yang memiliki sikap welas asih membela manusia dari keterpurukan.

Sosok Dalai Lama memang menjadi legenda, tidak hanya bagi masyarakat Tibet, tapi juga sejarah dunia. Konsep pemimpin spiritual dengan sistem pengganti reinkarnasi memang terdengar sangat menarik.

Baca Selengkapnya…………Sejarah Asal Usul Dengan Adanya Tradisi Nadran Ki Buyut

You May Also Like

More From Author