Sejarah Asal Usul Mengenal Pulau Jawa Kondisi Geografis

Estimated read time 2 min read

Sejarah Asal Usul dengan adanya sebuah Wilayah Pulau Jawa terbentang dari. Ujung barat di Provinsi Banten hingga ujung timur di Provinsi Jawa Timur. Sebelum pemindahan ibu kota negara, ibu kota negara terletak di Pulau Jawa yaitu Provinsi DKI Jakarta. Dikutip dari Kompas.com (04/04/2021) Menurut Hubert Forester dalam buku Ribuan Gunung, Ribuan Alat. Prasejarah Song Keplek, Gunung Sewu, Jawa Timur (1998), Pulau Jawa mulai terbentuk pada masa Periode Oligosen dan Miosen.

Oligosen mengacu pada skala waktu geologi sekitar 34 hingga 23 juta tahun yang lalu. Sedangkan Miosen mengacu pada skala waktu geologi sekitar 23,03 hingga 5,332 juta tahun yang lalu. Para ahli menyebutkan Pulau Jawa terbentuk akibat aktivitas tektonik gunung berapi secara bertahap dari tahun ke tahun.

Beberapa kerajaan pernah ada di Pulau Jawa sebagai bagian dari sejarah. Berikut beberapa kerajaan yang ada di Pulau Jawa. Kerajaan Mataran Kuno merupakan kerajaan Hindu-Buddha yang didirikan di Jawa Tengah bagian selatan. Pada abad ke-8, kemudian kerajaan tersebut berpindah ke Jawa Timur pada abad ke-10. Kerajaan Demak ini juga telah didirikan oleh seorang bernama Raden Patah sejak pada tahun 1475. Kerajaan. Ini berpusat di pesisir utara Jawa Tengah.

Kerajaan Mataram Islam ini juga telah didirikan oleh seorang Ki Ageng Pakarahan sejak pada tahun 1582. Dengan adanya pusat kerajaan yang berada di Kotagede, kota Yogyakarta. Kerajaan Banten ini sudah didirikan oleh seorang yang bernama Sunan Gunung Jati atau Fatahillah sekitar pada tahun 1526. Kerajaan ini terletak di pusat pelabuhan di ujung barat Pulau Jawa. Sekitar abad ke-16, Belanda datang ke Indonesia dengan misi dagang. Kemudian misinya berubah, Belanda melalui VOC ingin menguasai politik ekonomi sekitar abad ke-18.

Baca Selengkapnya………….Sejarah Asal Usul Kisah Makan Panjang Datuk Tantejo Gurhano



You May Also Like

More From Author