Peradaban Suku & Kerajaan Inca

Estimated read time 3 min read

Kerajaan Inca (juga dikenal sebagai Kerajaan Inca dan Kerajaan Inka), disebut Tawantinsuyu oleh rakyatnya (Quechua untuk “Alam Empat Bagian”). Merupakan Kerajaan terbesar di Amerika pra-Columbus.Pusat administrasi, politik, dan militer Kerajaan berada di kota Cusco. Peradaban Inca muncul dari dataran tinggi Peru sekitar awal abad ke-13. Spanyol memulai penaklukan Kekaisaran Inca pada tahun 1532 dan pada tahun 1572, negara bagian Inca terakhir telah ditaklukkan sepenuhnya.

Dari tahun 1438 hingga 1533, suku Inca menguasai sebagian besar Amerika Selatan bagian barat, berpusat di Pegunungan Andes. Menggunakan metode penaklukan dan asimilasi damai, serta metode lainnya. Pada tingkat terbesarnya, kekaisaran ini bergabung dengan Peru modern, wilayah yang sekarang menjadi Ekuador bagian barat. Bolivia tengah bagian barat dan selatan, Argentina barat laut, ujung paling barat daya Kolombia, dan sebagian besar wilayah Chili modern menjadi sebuah negara yang sebanding dengan kekaisaran dalam sejarah. Eurasia. Bahasa resminya adalah Quechua.

Keunikan Kerajaan Inca

Kerajaan Inca unik karena tidak memiliki banyak ciri yang terkait dengan peradaban Dunia Lama. Antropolog Gordon McEwan menulis bahwa suku Inca mampu membangun “salah satu negara kekaisaran terbesar dalam sejarah manusia” tanpa menggunakan roda, hewan penarik, pengetahuan tentang besi atau baja, atau bahkan sistem penulisan. Ciri-ciri penting dari Kekaisaran Inca termasuk arsitektur monumentalnya, terutama batu. Jaringan jalan yang luas yang menjangkau seluruh penjuru kekaisaran, tekstil tenunan halus, penggunaan tali yang diikat (quipu) untuk pencatatan dan komunikasi, inovasi dan produksi pertanian di lingkungan yang sulit. Dan organisasi serta manajemen yang dibina atau dikenakan pada orang-orangnya dan tenaga kerjanya.

Kerajaan Inca sebagian besar berfungsi tanpa uang dan tanpa pasar. Sebaliknya, pertukaran barang dan jasa didasarkan pada timbal balik antar individu dan antar individu, kelompok, dan penguasa Inca. “Pajak” terdiri dari kewajiban kerja seseorang kepada Kekaisaran. Para penguasa Inca (yang secara teoritis memiliki seluruh alat produksi) membalasnya dengan memberikan akses terhadap tanah dan barang serta menyediakan makanan dan minuman dalam pesta perayaan bagi rakyatnya.

BACA JUGA : Biara Voronet “Kapel Sistina Dari Timur”

Banyak bentuk pemujaan lokal yang bertahan di Kerajaan, sebagian besar berhubungan dengan suku Huaca yang dianggap suci, namun kepemimpinan Inca mendorong pemujaan matahari terhadap Inti – dewa matahari mereka – dan memaksakan kedaulatannya di atas pemujaan lain seperti Pachamama.[8] Suku Inca menganggap raja mereka, Sapa Inca, sebagai “putra matahari”

Perekonomian Inca menjadi bahan perdebatan ilmiah. Darrell E. La Lone, dalam karyanya The Inca as a Nonmarket Economy, mencatat bahwa para ahli menggambarkannya sebagai “feodal, budak, [atau] sosialis,” serta “sebuah sistem yang didasarkan pada timbal balik dan redistribusi; sebuah sistem dengan pasar dan perdagangan; atau cara produksi Asia.”

You May Also Like

More From Author