Biara Voronet “Kapel Sistina dari Timur”

Estimated read time 2 min read

Biara Voronet, yang dijuluki “Kapel Sistina dari Timur”, adalah kompleks biara abad pertengahan yang dibangun di desa Voronet, yang sekarang menjadi komponen lokalitas kota Gura Humorului. Biara ini terletak 36 km dari kotamadya Suceava dan hanya 4 km dari pusat Gura Humorului . Ini adalah salah satu fondasi paling berharga dari Stephen the Great (1457-1504). Gereja ini didirikan pada tahun 1488 hanya dalam waktu 3 bulan 3 minggu, yang merupakan rekor waktu itu.

BACA JUGA : Kastil Drakula Yang Sangat Bersejarah di Rumania

Berukuran kecil, dengan denah tiga lobus, memiliki puncak menara dengan kubah Moldavia di bagian tengahnya. Gereja ini adalah salah satu dari sedikit monumen arsitektur keagamaan di utara Moldova yang sebagian besar mempertahankan bentuk aslinya. Pada tahun 1547, Metropolitan Grigore Roșca, sepupu Petru Rareș. Memprakarsai penambahan teras tertutup. yang mana ia mengadopsi solusi unik, di mana arsitekturnya terlihat lebih rendah dari dekorasi yang dicat. Dinding barat teras adalah dinding kokoh. tanpa bukaan apapun, serta pengecatan dinding bagian luar, mulai dari pondasi hingga bagian atap, pekerjaan yang membuat bangunan tersebut terlihat cemerlang.

Biara Voronet dimasukkan dalam Daftar monumen bersejarah di daerah Suceava pada tahun 2015. Memiliki kode klasifikasi SV-II-aA-05675 dan terdiri dari 4 tujuan:

  • Gereja “St. Gheorghe” – berasal dari tahun 1488, dengan beranda dari tahun 1547 dan memiliki kode SV-II-mA-05675.01;
  • Reruntuhan sel – berasal dari abad XV-XVIII dan memiliki kode SV-II-mA-05675.02;
  • Belfry – berasal dari tahun 1488 dan memiliki kode SV-II-mA-05675.03 dan
  • Dinding kandang – berasal dari abad 15-18 dan diberi kode SV-II-mA-05675.04.

Pada tahun 1993, Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa ( UNESCO ) memasukkan Gereja “St. Gheorghe” dari Biara Voronet, bersama dengan tujuh gereja lain dari utara Moldova ( Arbore , Pătrăuți , Moldovița , Probota , ” St .Moldova .

Dari sudut pandang geografis, biara ini terletak di selatan kota Gura Humorului di daerah Suceava, di lembah sungai Voronet.

You May Also Like

More From Author