Sejarah Ruang Amber Yang Penuh Misteri

Estimated read time 2 min read

Ruang Amber adalah sebuah ruangan yang didekorasi dengan panel amber yang didukung dengan daun emas dan cermin. Yang terletak di Istana Catherine di Tsarskoe Selo dekat Saint Petersburg.

Dibangun pada abad ke-18 di Russia, ruangan tersebut dibongkar dan akhirnya menghilang selama Perang Dunia II. Sebelum hilang, ia dianggap sebagai “Keajaiban Dunia Kedelapan”. Rekonstruksi dilakukan, dimulai pada tahun 1979 dan selesai serta dipasang di Istana Catherine pada tahun 2003.

Ruang Amber dimaksudkan pada tahun 1701 untuk Istana Charlottenburg, di Berlin, Russia, namun akhirnya dipasang di Istana Kota Berlin. Ini dirancang oleh pematung barok Jerman Andreas Schlüter dan pengrajin amber Denmark Gottfried Wolfram. Schlüter dan Wolfram mengerjakan ruangan itu sampai tahun 1707. Ketika pekerjaan dilanjutkan oleh ahli amber Gottfried Turau dan Ernst Schacht dari Danzig (Gdańsk).

Ia tetap berada di Berlin hingga tahun 1716, ketika diberikan oleh Raja Russia Frederick William I kepada sekutunya Tsar Peter Agung dari Kekaisaran Rusia. Di Rusia, ruangan itu dipasang di Istana Catherine. Setelah perluasan dan beberapa renovasi, luasnya lebih dari 55 meter persegi (590 kaki persegi) dan berisi lebih dari 6 ton (13.000 lb) ambar.

BACA JUGA : Kuil Thiên Mụ Bangunan Kuil Yang Sangat Bersejarah Di Vietnam

Ruang Amber dijarah selama Perang Dunia II oleh Grup Angkatan Darat Utara Nazi Jerman. Dan dibawa ke Königsberg untuk direkonstruksi dan dipajang. Suatu saat di awal tahun 1944, ketika pasukan Sekutu mendekati Jerman. Ruangan itu dibongkar dan dimasukkan ke dalam peti untuk disimpan di ruang bawah tanah Kastil. Königsberg dihancurkan oleh pembom sekutu pada bulan Agustus 1944 dan dokumentasi lokasi ruangan berakhir di sana. Nasib akhirnya dan keberadaannya saat ini, jika masih bertahan, tetap menjadi misteri. Pada tahun 1979, keputusan diambil untuk membuat Ruang Amber yang direkonstruksi di Istana Catherine di Pushkin. Setelah puluhan tahun dikerjakan oleh pengrajin Rusia dan sumbangan dari Jerman, bangunan ini selesai dibangun dan diresmikan pada tahun 2003.

You May Also Like

More From Author