Mengenal Suku Bajau “Pelaut”

Estimated read time 2 min read

Suku Bajau atau Sama-Bajau mencakup beberapa kelompok etnis Austronesia di Asia Tenggara Maritim. Nama tersebut secara kolektif mengacu pada orang-orang terkait yang biasanya menyebut diri mereka. Sama atau Samah (secara resmi A’a Sama, “orang Sama”); atau dikenal dengan eksonim Bajau (/ˈbɑːdʒaʊ, ˈbæ-/, juga dieja Badjao, Bajaw, Badjau, Badjaw, Bajo atau Bayao). Mereka biasanya menjalani gaya hidup berlayar di laut dan menggunakan kapal layar kayu kecil seperti perahu (layag di. Maranao), djenging (balutu), lepa, dan vinta (pilang). Beberapa kelompok Sama-Bajau asli Sabah juga terkenal dengan budaya kuda tradisionalnya.

BACA JUGA : Suku Korowai Pedalaman Papua Tenggara

Sama-Bajau adalah kelompok etnis dominan di kepulauan Tawi-Tawi di Filipina. Mereka juga ditemukan di pulau-pulau lain di Kepulauan Sulu, wilayah pesisir Mindanao dan pulau-pulau lain di Filipina utara. Serta Kalimantan bagian utara dan timur, Sulawesi, dan seluruh kepulauan Indonesia bagian timur. Di Filipina, mereka dikelompokkan dengan suku Moro yang memiliki kesamaan agama. Dalam lima puluh tahun terakhir, banyak orang Sama-Bajau Filipina bermigrasi ke negara tetangga Sabah dan pulau-pulau utara Filipina, akibat konflik di Mindanao. Pada tahun 2010, mereka adalah kelompok etnis terbesar kedua di Sabah.

Sama-Bajau terkadang disebut “Gipsi Laut” atau “Pengembara Laut”, istilah yang juga digunakan untuk kelompok etnis yang tidak terkait dengan gaya hidup tradisional yang serupa, seperti Moken di Kepulauan Mergui Burma-Thailand dan Orang Laut Sumatera bagian tenggara dan Kepulauan Riau di Indonesia. Penyebaran Sama-Bajau ke luar secara modern dari daerah pemukiman yang lebih tua tampaknya dikaitkan dengan perkembangan perdagangan teripang (teripang).

Dalam sebagian besar sejarahnya, Suku Sama-Bajau adalah suku nomaden, pelaut, dan hidup di laut dengan berdagang dan mencari ikan. Sama-Bajau yang tinggal di perahu memandang diri mereka sebagai orang yang tidak agresif. Mereka tetap berada di dekat pantai dengan mendirikan rumah panggung dan melakukan perjalanan menggunakan lepa, perahu buatan tangan yang banyak ditinggali. Sebuah studi genetik tahun 2021 menunjukkan bahwa beberapa Sama-Bajau memiliki keturunan Austroasiatik.

You May Also Like

More From Author