Mengenal Menara Pisa di Italia

Estimated read time 2 min read

Menara Pisa adalah menara lonceng, atau menara lonceng yang berdiri bebas, dari Katedral Pisa. Kota Pisa ini terkenal dengan kemiringannya yang hampir empat derajat, akibat dari fondasi yang tidak stabil. Menara ini adalah salah satu dari tiga bangunan di Alun-Alun Katedral Pisa (Piazza del Duomo), yang meliputi katedral dan Tempat Pembaptisan Pisa.

Ketinggian menara adalah 55,86 meter (183 kaki 3 inci) dari permukaan tanah di sisi rendah dan 56,67 m (185 kaki 11 inci) di sisi tinggi. Lebar dinding di dasarnya adalah 2,44 m (8 ft 0 in). Bobotnya diperkirakan mencapai 14.500 ton (16.000 short ton). Menara ini memiliki 296 atau 294 anak tangga; lantai tujuh memiliki dua anak tangga lebih sedikit di tangga yang menghadap utara.

BACA JUGA : Mengenal Suku Bajau “Pelaut”

Menara Piisa ini mulai miring selama konstruksi pada abad ke-12, karena tanah lunak yang tidak dapat menopang berat struktur dengan baik. Hal ini diperburuk dengan selesainya konstruksi pada abad ke-14. Pada tahun 1990, kemiringannya telah mencapai 5,5 derajat. Struktur ini distabilkan melalui pekerjaan perbaikan antara tahun 1993 dan 2001, yang mengurangi kemiringan menjadi 3,97 derajat.

Arsitek :

Identitas arsitek menara ini menjadi bahan kontroversi. Desain tersebut telah lama dikaitkan dengan seorang pria bernama Guglielmo dan Bonanno Pisano. Yang terakhir adalah seniman terkenal Pisa pada abad ke-12 yang terkenal dengan pengecoran perunggunya, khususnya di Pisa Duomo. Meninggalkan Pisa pada tahun 1185 menuju Monreale, Sisilia, hanya untuk kembali dan meninggal di kota kelahirannya. Sepotong cetakan bertuliskan namanya ditemukan di kaki menara pada tahun 1820. Tetapi ini mungkin terkait dengan pintu perunggu di bagian depan katedral yang dihancurkan pada tahun 1595. Sebuah penelitian pada tahun 2001 tampaknya menunjukkan bahwa Diotisalvi adalah arsitek aslinya. , karena waktu konstruksi dan kedekatan dengan karya Diotisalvi lainnya, terutama menara lonceng San Nicola dan Baptistery, keduanya di Piisa

You May Also Like

More From Author