Sejarah Asal Usul Mengintip Kerajaan Milik Belanda

Estimated read time 2 min read

Sejarah Asal Usul Kerajaan Belanda atau biasa disebut Belanda merupakan negara berdaulat dengan bentuk pemerintahan monarki konstitusional. Kerajaan Belanda seperti yang dikenal saat ini didirikan pada tahun 1815, setelah kekalahan Napoleon Bonaparte. Wilayah kerajaan ini meliputi Belanda, di Eropa Barat, dan pulau-pulau kecil di Hindia Barat. (Aruba, Curacao, dan Sint Maarten) yang terletak di Karibia.

Posisi Belanda, Aruba, Curacao, dan Sint Maarten dinilai setara sebagai mitra kerajaan. Namun pada praktiknya seluruh urusan kerajaan dikelola oleh Belanda. Sementara itu, Aruba, Curacao, dan Sint Maarten bergantung pada Belanda dalam kebijakan luar negeri dan pertahanannya. Lantas, bagaimana Belanda bisa menjadi kerajaan seperti sekarang ini?

Sebelum menjadi kerajaan, Belanda berbentuk republik atau resmi disebut Republik Persatuan Tujuh Wilayah Belanda. Republik Belanda terdiri dari tujuh daerah otonom yaitu Holland, Zeeland, Utrecht, Friesland, Groningen, Overijssel, dan Gelderland. Dengan Stadholder (Penjaga) dipegang oleh keturunan Willem van Oranje.

Sejarah Asal Usul Kerajaan Belanda

Ketika Revolusi Perancis terjadi, Republik Belanda diduduki oleh tentara revolusioner Perancis pada tahun 1795 dan menjadi negara bawahan. Perancis dengan nama Republik Batavia atau Republik Bataaf. Pada tanggal 5 Juni 1806, Republik Bataaf berakhir dan Napoleon Bonaparte sebagai Kaisar Perancis mendirikan Kerajaan Belanda.

Napoleon kemudian mengangkat adiknya, Louis Bonaparte, sebagai raja Belanda untuk memudahkan penguasaan Belanda. Namun, Raja Louis ternyata lebih bersimpati kepada Belanda dibandingkan melayani kepentingan saudaranya. Oleh karena itu, ia terpaksa turun tahta pada tanggal 1 Juli 1810, dan setelah itu Napoleon. Bonaparte berhasil menguasai seluruh Belanda.

Dua tahun kemudian, setelah kekalahan Napoleon di Pertempuran Waterloo pada bulan Juni 1815, Kongres Wina mengakui langkah. William Frederick untuk mendirikan sebuah kerajaan.
Pada tanggal 16 Maret 1815, William Frederick akhirnya dinobatkan sebagai Raja Belanda pertama dengan gelar Willem I.

Baca Selengkapnya……Sejarah Asal Usul Adanya Upacara Melasti yang Dilakukan Di Bali

You May Also Like

More From Author