Sejarah Asal Usul Penemuan Fosil Manusia Purba Di Indonesia

Estimated read time 2 min read

Sejarah Asal mula mengenal manusia purba. Para ahli sejarah meyakini Indonesia merupakan salah satu tempat ditemukannya fosil manusia purba tertua di Indonesia. Beberapa lokasi. Ditemukannya situs purbakala tersebar hampir di seluruh Indonesia. dengan ada beberapa Salah satu contoh. Adalah sebuah Sangiran, bagi situs yang paling terpenting bagi seorang peneliti kehidupan para umat manusia prasejarah.

Situs Sangiran menyimpan kekayaan fosil purbakala, mulai dari fosil manusia purba, hewan purba, hingga hasil kebudayaan manusia pramelek huruf. Sangiran terletak di kaki Gunung Lawu, sekitar 15 km dari lembah Sungai Bengawan Solo. Para peneliti bahkan menilai Sangiran merupakan pusat peradaban manusia purba yang besar, penting dan lengkap di dunia.

Sejarah Dengan Penemuan Fosil Manusia Purba Yang Berada Di Indonesia

Pada tahun 1864, P.E.C. Schemulling memulai penelitian arkeologi di saringan dengan meneliti fosil vertebrata. Eugene Dubois kemudian juga mengunjungi tempat ini pada tahun 1895, namun tidak melanjutkan penelitiannya karena tidak menemukan apapun. Selang sekian lama, von Koenigswald berhasil menemukan berbagai peralatan manusia purba dengan menggunakan peta geologi. Yang dibuat oleh LJC van Es pada tahun 1932.

Eugene Duboismenemukan tulang rahang, dan kemudian menemukan gigi geraham, bagian atas tengkorak, dan tulang paha kiri pada penggalian berikutnya. Setelah merekonstruksi temuannya, Eugene Dubois menamai penemuannya Pithecathropus erectus.

Koeningswald menemukan seribu alat sederhana dari bahan kalsedon yang dapat digunakan untuk memotong, mencukur, dan mengasah tombak kayu. Pada tahun 1936, ada beberapa penduduk setempat dan sudha menyerahkan fosil. Di bagian rahang kanan manusia purba dan fosil itu telah diberikan kepada Koeningswald

Penemuan fosil manusia purba pertama pada tahun 1890 kemudian mendorong beberapa penelitian lainnya. Seperti penemuan Lenore selenka pada tahun 1907-1908 yang berhasil menemukan fosil hewan. Dan tumbuhan yang dapat digunakan untuk menggambarkan lingkungan hidup Pithecanthropus erectus.

Baca Selengkapnya Di SIni….. Asal Usul Sejarah Tari Piring Dan Ada Makna Dari Gerakannya

You May Also Like

More From Author