Kemegahan Istana Siak Sri Indrapura Yang Penuh Dengan Sejarah

Estimated read time 2 min read

Istana Siak Sri Indrapura atau Istana Siak adalah sebuah istana (istana kerajaan) Kesultanan Siak Sri Indrapura yang terletak di Kabupaten Siak, Riau, Pulau Sumatera, Indonesia. Istana tersebut kini diubah menjadi museum.

Kompleks istana ini memiliki luas sekitar 32.000 meter persegi yang terdiri dari 4 istana yaitu Istana Siiak, Istana Lima, Istana Padjang, dan Istana Baru. Masing-masing keraton termasuk Istana Siakk sendiri mempunyai luas 1.000 meter persegi.

Sejarah Dibangun Istana Kerajaan Siak

Istana bergaya Moor yang kini menjadi museum terletak 120 kilometer (75 mil) hulu sungai Siak di Pekanbaru ini dibangun oleh sultan ke-11. Syarif Hasyim Abdul Jalil Syarifuddin dari Kesultanan Siak Sri Indrapura pada tahun 1889. Arsitektur istana Istana ini memiliki pengaruh Eropa yang berpadu serasi dengan unsur Melayu dan Moor. Sebelum membangun istana Sultan melakukan perjalanan ke Belanda dan Jerman, bahkan beberapa perabotan didatangkan dari Eropa.

Ada mitos terkait yayasan. Konon ketika Sultan dan pembesarnya sedang membicarakan proyek tersebut, tiba-tiba muncul seekor naga putih di permukaan sungai Siak. Kehadiran naga tersebut dimaknai sebagai tanda berkahnya proyek tersebut dan membawa keberuntungan bagi kebesaran kerajaan. Untuk mengabadikan naga tersebut, Sultan menjadikannya lambang resmi kerajaan. Pilar-pilar keraton dihiasi dengan ornamen berbentuk naga.

Istana ini berisi benda-benda upacara kerajaan, seperti mahkota berlapis emas bertatahkan berlian, singgasana emas, dan benda-benda pribadi Sultan Syarif Qasyim dan istrinya, seperti “Komet”, alat musik multi-abad yang konon memiliki hanya dibuat dua salinan di dunia. Komet masih berkarya, dan digunakan untuk memainkan karya-karya komposer seperti Beethoven, Mozart dan Strauss.

BACA JUGA : Gereja Santo Fransiskus di Portugal, Gereja Paling Menawan

Istana Siak memiliki arsitektur Melayu, Arab, dan Eropa. Bangunannya terdiri dari dua lantai. Lantai bawah terbagi menjadi enam ruang sidang: ruang tamu, ruang tamu kehormatan, ruang tamu laki-laki, ruang tamu perempuan, satu ruangan di sebelah kanan adalah ruang sidang, juga digunakan untuk ruang pesta. Lantai atas terbagi menjadi sembilan ruangan, berfungsi untuk istirahat Sultan serta para tamu keraton. Di bagian atas bangunan terdapat enam patung elang sebagai simbol keberanian. Sedangkan di halaman istana masih terlihat delapan buah meriam yang tersebar di berbagai sisi halaman istana, kemudian di kiri belakang istana terdapat sebuah bangunan kecil yang digunakan sebagai penjara sementara. Ruang sidang, “Balairung Sari” (ruang bunga) dan pemakaman kerajaan juga merupakan bagian dari kompleks istana.

You May Also Like

More From Author