Sejarah Istana Topkapı di Turki

Estimated read time 2 min read

Istana Topkapı (bahasa Turki: Topkapı Sarayı; bahasa Turki Utsmaniyah: طوپقپو سرايى, diromanisasi: ṭopḳapu sarāyı, lit. ’istana gerbang meriam’), atau Seraglio, adalah sebuah museum dan perpustakaan besar di sebelah timur distrik Fatih Istanbul di Turki. Dari tahun 1460-an hingga selesainya pembangunan Istana Dolmabahçe pada tahun 1856, istana ini berfungsi sebagai pusat administrasi Kekaisaran Ottoman, dan merupakan kediaman utama para sultannya.

Konstruksinya, diperintahkan oleh Sultan Mehmed Sang Penakluk, dimulai pada 1459, enam tahun setelah penaklukan Konstantinopel. Topkapı awalnya disebut “Istana Baru” (Yeni Saray atau Saray-ı Cedîd-i Âmire) untuk membedakannya dari Istana Lama (Eski Saray atau Sarây-ı Atîk-i Âmire) di Lapangan Beyazıt. Ia diberi nama Topkapı, yang berarti Gerbang Meriam, pada abad ke-19. Kompleks ini diperluas selama berabad-abad, dengan renovasi besar-besaran setelah gempa bumi tahun 1509 dan kebakaran tahun 1665. Kompleks istana terdiri dari empat halaman utama dan banyak bangunan kecil. Anggota perempuan keluarga Sultan tinggal di harem, dan pejabat terkemuka negara, termasuk Wazir Agung, mengadakan pertemuan di gedung Dewan Kekaisaran.

BACA JUGA : Sejarah Kelam Tembok Berlin

Setelah abad ke-17, Topkapı secara bertahap kehilangan arti pentingnya. Para sultan pada masa itu lebih suka menghabiskan lebih banyak waktu di istana baru mereka di sepanjang Bosphorus. Pada tahun 1856 Sultan Abdulmejid I memutuskan untuk memindahkan istananya ke Istana Dolmabahçe yang baru dibangun. Topkapi mempertahankan beberapa fungsinya, termasuk perbendaharaan kekaisaran, perpustakaan, dan percetakan uang.

Setelah berakhirnya Kesultanan Utsmaniyah pada tahun 1923, keputusan pemerintah tertanggal 3 April 1924 mengubah Topkapi menjadi museum. Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Turki sekarang mengelola Museum Istana Topkapi. Kompleks istana ini memiliki ratusan ruangan dan ruang, namun hanya yang paling penting yang dapat diakses oleh umum pada tahun 2020, termasuk Harem Kekaisaran Ottoman dan perbendaharaan, yang disebut hazine, tempat Spoonmaker’s Diamond dan Topkapi Dagger dipajang. Koleksi museum juga mencakup pakaian Ottoman, senjata, baju besi, miniatur, peninggalan keagamaan, dan manuskrip yang diterangi seperti manuskrip Topkapi. Pejabat kementerian serta pengawal bersenjata militer Turki menjaga kompleks tersebut. Istana Topkapi merupakan bagian dari Kawasan Bersejarah Istanbul, sekelompok situs di Istanbul yang diakui UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 1985.

You May Also Like

More From Author