Patung Dewa Matahari Colossus of Rhodes Yunani Kuno

Estimated read time 2 min read

Colossus of Rhodes (Yunani kuno: ὁ Κολοσσὸς Ῥόδιος, diromanisasi: ho Kolossòs Rhódios; Yunani: Κολοσσός της Ρόδου, diromanisasi. Kolossós tes Rhódou) adalah patung dewa matahari Yunani Helios, didirikan di kota Rhodes, di pulau Yunani dengan nama yang sama. Oleh Chares of Lindos pada tahun 280 SM. Salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia Kuno, dibangun untuk merayakan keberhasilan pertahanan kota Rhodes dari serangan Demetrius I dari Makedonia, yang telah mengepungnya selama setahun dengan pasukan dan angkatan laut yang besar.

BACA JUGA : Sejarah Masjid Agung Hagia Sophia Turki

Menurut deskripsi paling kontemporer, Colossus berdiri sekitar 70 hasta, atau tinggi 33 meter (108 kaki) – kira-kira setinggi Patung Liberty modern dari kaki hingga mahkota – menjadikannya patung tertinggi di dunia kuno. Ia runtuh akibat gempa bumi tahun 226 SM, meskipun sebagiannya masih bertahan. Sesuai dengan Oracle Delphi, bangsa Rhodians tidak membangunnya kembali. John Malalas menulis bahwa Hadrian pada masa pemerintahannya mendirikan kembali Colossus, tapi dia salah. Menurut Suda, orang Rhodia disebut Kolose (Κολοσσαεῖς), karena mereka mendirikan patung di pulau itu.

Pada tahun 653, pasukan Arab di bawah pimpinan jenderal Muslim Mu’awiya I menaklukkan Rhodes, dan menurut Kronik Theophanes sang Pengaku. Patung itu hancur total dan sisa-sisanya dijual catatan ini mungkin tidak dapat diandalkan.

Sejak tahun 2008, serangkaian proposal yang belum terealisasi untuk membangun Colossus baru di Pelabuhan Rhodes telah diumumkan, meskipun lokasi sebenarnya dari monumen aslinya masih diperdebatkan.

You May Also Like

More From Author