Mengungkap Sejarah Dari Kuil Sulaiman Milik Israel

Estimated read time 3 min read

Kuil Sulaiman, juga dikenal sebagai Kuil Pertama (Ibrani ‘Rumah Pertama Tempat Suci’). Merupakan sebuah Alkitab Kuil es di Yerusalem diyakini telah ada antara abad ke-10 dan ke-6 SM . Deskripsinya sebagian besar didasarkan pada narasi dalam Alkitab Ibrani, yang ditugaskan oleh raja alkitabiah Salomo sebelum dihancurkan selama. Pengepungan Yerusalem oleh Nebukadnezar II dari Kekaisaran Neo-Babilonia pada tahun 587 SM. Meskipun tidak ada sisa-sisa candi yang pernah ditemukan, sebagian besar sarjana modern sepakat bahwa Bait Suci Pertama sudah ada di Bukit Bait Suci di Yerusalem pada masa pengepungan Babilonia. Meskipun terdapat perdebatan yang signifikan mengenai tanggal pembangunannya dan identitasnya. pembangun.

Alkitab Ibrani, khususnya dalam Kitab Raja-Raja, memuat narasi rinci tentang perintah pembangunan oleh Salomo, penguasa kedua dari belakang Kerajaan Israel. Lebih jauh lagi, Salomo dianggap sebagai orang yang menempatkan Tabut Perjanjian di Ruang Mahakudus. Sebuah tempat suci tanpa jendela di dalam bangunan tersebut. Masuk ke Tempat Mahakudus sangat dibatasi. Imam Besar Israel adalah satu-satunya otoritas yang diizinkan memasuki tempat suci, dan hanya melakukannya pada hari Yom Kippur, membawa darah domba kurban dan membakar dupa. Selain berfungsi sebagai bangunan keagamaan untuk beribadah, Bait Suci Pertama juga berfungsi sebagai tempat berkumpulnya umat Israel. Penghancuran Bait Suci Pertama dan penaklukan Babilonia merupakan peristiwa yang dipandang sebagai penggenapan nubuatan Alkitab dan dengan demikian mempengaruhi keyakinan agama Yudaisme. Mempercepat transisi bangsa Israel dari politeisme atau monolatrisme (seperti yang terlihat dalam Yahwisme) menjadi monoteisme Yahudi yang kokoh.

BACA JUGA : Gedung Sultah Abdul Samad Yang Bersejarah Bagi Masyarakat Malaysia

Sebelumnya, banyak sarjana menerima narasi alkitabiah tentang pembangunan Bait Suci Pertama oleh Salomo sebagai narasi otentik. Namun, pada tahun 1980-an, pendekatan skeptis terhadap teks Alkitab serta catatan arkeologi membuat beberapa pakar meragukan. Apakah ada Bait Suci di Yerusalem yang dibangun pada awal abad ke-10 SM. Beberapa ahli berpendapat bahwa struktur asli yang dibangun oleh Sulaiman relatif sederhana, dan kemudian dibangun kembali dalam skala yang lebih besar.

Tidak ada bukti langsung keberadaan Kuil Sulaiman yang ditemukan. Meskipun tidak ada penggalian arkeologi baru-baru ini yang dilakukan di Bukit Bait Suci karena sensitivitas agama dan politik yang ekstrim di situs tersebut. Penggalian di sekitar Bukit Bait Suci pada abad ke-19 dan awal abad ke-20 tidak berhasil mengidentifikasi “sedikit pun” kompleks tersebut. Ostracon Rumah Yahweh, yang berasal dari abad ke-6 SM, mungkin merujuk pada Kuil Pertama. Dua temuan abad ke-21 dari periode Israel di Israel saat ini ditemukan memiliki kemiripan dengan. Kuil Sulaiman seperti yang dijelaskan dalam Alkitab Ibrani. Model kuil dari paruh awal abad ke-10 SM di Khirbet Qeiyafa. Dan kuil Tel Motza, yang dibangun pada abad ke-9 SM dan terletak di lingkungan Motza di Yerusalem Barat. Deskripsi alkitabiah tentang Kuil Sulaiman juga diketahui memiliki kesamaan dengan beberapa kuil Siro-Het pada periode yang sama yang ditemukan di Suriah dan Turki modern, seperti kuil di Ain Dara dan Tell Tayinat.

You May Also Like

More From Author