Istana Raja Agung Thailand Yang Sangat Megah Dan Bersejarah

Estimated read time 2 min read

Istana Raja Agung Thailand (Thailand: พระบรมมหาราชวัง, RTGS. Phra Borom Maha Ratcha Wang) adalah sebuah kompleks bangunan di jantung kota Bangkok, Thailand. Istana ini telah menjadi kediaman resmi Raja Siam (dan kemudian Thailand) sejak tahun 1782. Raja, istananya, dan pemerintahan kerajaannya bermarkas di lingkungan istana hingga tahun 1925. Raja Bhumibol Adulyadej (Rama IX), bertempat tinggal di Vila Kerajaan Chitralada dan penggantinya Raja Vajiralongkorn (Rama X) di Balai Perumahan Amphorn Sathan, keduanya di Istana Dusit, namun Istana Agung masih digunakan untuk acara resmi. Beberapa upacara kerajaan dan acara kenegaraan diadakan di dalam tembok istana setiap tahun. Istana ini adalah salah satu tempat wisata paling populer di Thailand, dengan lebih dari delapan juta orang berkunjung setiap tahunnya.

Pembangunan istana dimulai pada 6 Mei 1782, atas perintah Raja Phutthayotfa Chulalok (Rama I), pendiri dinasti Chakri, ketika ia memindahkan ibu kota dari Thonburi ke Bangkok.

Sepanjang masa pemerintahan berturut-turut, banyak bangunan dan struktur baru ditambahkan, terutama pada masa pemerintahan Raja Chulalongkorn (Rama V). Pada tahun 1925, raja, Keluarga Kerajaan, dan pemerintah tidak lagi menetap secara permanen di istana, dan berpindah ke tempat tinggal lain. Setelah penghapusan monarki absolut pada tahun 1932, seluruh lembaga pemerintah dipindahkan sepenuhnya dari istana.

Bentuknya, kompleks istana ini kira-kira berbentuk persegi panjang dan mempunyai luas gabungan 218.400 meter persegi (2.351.000 kaki persegi), dikelilingi oleh empat dinding. Terletak di tepi Sungai Chao Phraya di jantung Pulau Rattanakosin, sekarang di Distrik Phra Nakhon. Grand Palace berbatasan dengan Jalan Sanam Luang dan Na Phra Lan di utara. Jalan Maharaj di barat, Jalan Sanam Chai di timur, dan Jalan Thai Wang di selatan.

BACA JUGA : Masjid Ton Son, Menjadi Masjid Tertua Dan Sangat Bersejarah Di Thailand

Daripada menjadi satu struktur, Istana Raja Agung Thailand terdiri dari banyak bangunan, aula, paviliun yang terletak di sekitar halaman terbuka, taman, dan halaman. Gaya asimetris dan eklektiknya disebabkan oleh perkembangan organiknya. Dengan penambahan dan pembangunan kembali dilakukan oleh raja-raja yang memerintah secara berturut-turut selama 200 tahun sejarah. Ini dibagi menjadi beberapa bagian: Kuil Buddha Zamrud. Pengadilan Luar, dengan banyak bangunan umum. Pengadilan Tengah, termasuk Gedung Phra Maha Monthien. Gedung Phra Maha Prasat dan Gedung Chakri Maha Prasat; Pengadilan Dalam dan kawasan Taman Siwalai. Istana Agung saat ini dibuka sebagian untuk umum sebagai museum. Namun tetap menjadi istana aktif, dengan beberapa kantor kerajaan masih berada di dalamnya.

You May Also Like

More From Author